facebook

Daging Kerbau ala Nusantara

Jumat, 28 October 2016 - 11:35:47 WIB
Diposting oleh : Berry
Daging Kerbau ala Nusantara

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Daging Kerbau ala Nusantara

Hai Berrykitcheners! Apa kabar harimu? Semoga menyenangkan ya! Karena rasanya yang enak dan kaya gizi, daging kerbau digolongkan sebagai daging yang istimewa. Kalau mungkin kamu jarang mengonsumsinya, daging kerbau justru lebih banyak dikonsumsi oleh sebagian daerah di Indonesia. Berikut ulasannya.

 

1. Pandeglang, Banten

jbljhbh

Penduduk Pandeglang, Banten lebih memilih daging kerbau daripada daging sapi. Tingginya konsumsi daging kerbau di sana membuat pemerintah pernah mencoba menggelontorkan sejumlah daging sapi di Pandeglang. Namun, usaha tersebut tidak membuahkan hasil yang signifikan, karena masyarakat lebih menyukai daging kerbau.

 

2. Kudus, Jawa Tengah

cjyt

Berbeda dengan Pandeglang, daerah Kudus, Jawa Tengah punya cerita sendiri tentang daging yang satu ini. Dahulu Kudus merupakan daerah yang dikuasai oleh Majapahit. Seperti yang kita tahu, Majapahit merupakan kerajaan Hindu, sehingga tak heran bila pada masa itu mayoritas penduduk Kudus beragama Hindu. Sejak masuknya agama Islam yang disebarkan oleh Sunan Kudus, perlahan masyakarat mulai memeluk Islam. Tanpa meninggalkan tradisi Hindu yang melarang untuk memakan daging sapi, masyarakat pun mengonsumsi daging kerbau sebagai gantinya. Kalau kamu berjalan-jalan di sekitar Kudus, maka jangan heran bila menemukan berbagai menu daging kerbau di tiap sudut kota.

 

3. Sumatra Barat

cyyut

Rendang merupakan salah satu menu favorit di Indonesia. Dikenal karena rasanya yang sangat lezat, Rendang bahkan masuk menjadi salah satu makanan terenak di dunia. Kamu yang doyan rendang wajib tahu lho, kalau dulu rendang dimasak dengan menggunakan daging kerbau. Sejak dulu, rendang dikenal karena kebiasaan memotong kerbau pada berbagai upacara adat Minangkabau. Pengukuhan tetua adat, sebagai upacara terbesar khas Minangkabau memiliki tradisi memotong kerbau. Kemudian, daging tersebut dimasak secara berjam-jam dengan ketelitian yang tinggi hingga kandungan airnya nyaris habis. Tidak heran ya, mengapa rendang memiliki rasa yang begitu nikmat.

 

Jadi ternyata sebagian daerah nusantara telah mengenal jenis daging yang satu ini, Berrykitcheners. Hingga kini, penduduk-penduduk daerah tersebut masih setia mengonsumsi daging kerbau lho. Alasannya? Apa lagi kalau bukan karena nikmat.

 

Kata Kunci: Daging Kerbau ala Nusantara
Bagikan ke teman Kamu