facebook

Ciri Minyak Goreng Sehat

Jumat, 11 November 2016 - 13:47:20 WIB
Diposting oleh : Berry
Ciri Minyak Goreng Sehat

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Ciri Minyak Goreng Sehat

Hai Berrykitcheners! Apa menu makanmu hari ini? Kalau ditilik lagi, di antara menumu pasti ada saja yang menggunakan minyak goreng pada saat pengolahannya. Baik makanan yang digoreng maupun ditumis, keduanya sama-sama menggunakan minyak goreng. Perannya sebagai penghantar panas untuk mematangkan masakan membuat minyak goreng kerap digunakan untuk mengolah makanan. Mengingat keseharian kita yang tidak bisa lepas dengan bahan satu ini, kamu perlu tahu ciri-ciri minyak yang baik untuk kamu gunakan. Yuk disimak!

 

 1. Warna

ytvytvy

Ketika ingin membeli barang, kamu pastinya terlebih dulu melihat tampilannya. Jika biasa kamu tidak terlalu mengamati tampilan minyak goreng karena desain kemasan yang sangat variatif, maka kali ini kamu harus mulai mengamatinya. Secara alami, minyak goreng berwarna kuning karena bahan-bahan yang terkandung dalam minyak juga ikut terekstrak bersama minyak.  Minyak yang sehat dan baik untuk digunakan dalam memasak terlihat jernih dan bening.  

 

2. Aroma

dewd

Normalnya, minyak goreng yang sehat memiliki aroma khasnya tersendiri. Namun kamu harus berhati-hati apabila menemukan minyak goreng yang tercium bau tengik. Bau tengik merupakan ciri minyak yang sudah rusak.  Pada umumya, minyak terdiri dari dua komponen besar, asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh. Minyak dengan kandungan asam lemak tak jenuh inilah yang kemudian bisa teroksidasi secara spotan oleh udara dalam suhu kamar. Oksidasi ini akan menurunkan tingkat kejenuhan minyak dan menyebabkan minyak menjadi tengik. Jika sudah begitu, sebaiknya kamu tidak megonsumsi minyak ini ya, Berrykitcheners.

 

3. Komposisi

ytttf

Satu hal lagi yang perlu kamu perhatikan ketika membeli minyak goreng, komposisinya. Hindari minyak dengan kandungan lemak yang tinggi, terutama jenis minyak jenuh dan terhidrogenasi. Hidrogenasi pada minyak akan menghasilkan asam lemak trans yang meningkatkan resiko serangan jantung, diabetes, kadar kolesterol jahat dan lainnya. Penelitian Harvard School of Public Health juga menemukan bahwa lemak trans bertanggung jawab atas kematian 30ribu orang di Amerika setiap tahunnya.

 

Sebagai konsumen cerdas, kamu tentu harus teliti dalam memilih barang-barang yang akan kamu beli, terutama minyak yang kamu gunakan untuk memasak sehari-hari. Karena tidak hanya nikmat, makanan yang kita konsumsi juga harus memenuhi nilai gizi yang baik dan aman untuk dikonsumsi. Semoga bermanfaat ya, Berrykitcheners!

Referensi: https://foodsoldier.com/

Kata Kunci: Ciri Minyak Goreng Sehat
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup