facebook

Cap Go Meh Mancanegara

Selasa, 07 February 2017 - 15:24:16 WIB
Diposting oleh : Berry
Cap Go Meh Mancanegara

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Cap Go Meh Mancanegara

Hai Berrykitcheners! Cap Go Meh berasal dari bahasa Hokkian yang memiliki arti malam ke-15. Sesuai namanya, Cap Go Meh dirayakan pada setiap malam ke-15 di bulan pertama kalender Tionghoa. Merayakan Imlek tanpa diikuti Cap Go Meh setelahnya tentu akan terasa kurang lengkap. Mau tahu keseruan mancanegara dalam merayakannya? Yuk simak!

 

1. Tiongkok

kjnkj

 

Di negara asalnya, perayaan Cap Go Meh dikenal dengan nama Yuan Xiao Jie. Sesuai dengan tradisi, saat perayaan Cap Go Meh berlangsung, penduduk akan menyantap kue Yuan Xiao yang terbuat dari tepung beras ketan sambil menikmati kembang api dan lentera yang dinyalakan di berbagai sudut kota. Karena banyaknya lentera yang dinyalakan, upara ini juga dikenal dengan Lantern Festival.

 

2. Thailand

lnl

 

Thailand menduduki peringkat negara dengan penduduk overseas Tiongok terbanyak di dunia, yakni 9,4 juta! Kebayang dong bagaimana serunya perayaan Imlek dan Cap Go Meh di negeri Gajah Putih tersebut. Perayaan Cap Go Meh berpusat di Chinatown terbesar di Bangkok, Yaowarat.  Di sana, akan ada parade barongsai dan lentera yang ramai dan padat pengunjung.

 

3. Malaysia

njj

 

Tidak hanya Thailand, Malaysia pun merayakan Imlek dan Cap Go Meh dengan meriah. Terdapat sekitar 6,6 juta penduduk Malaysia yang juga merupakan keturunan Tionghoa. Sebab itu perayaan dengan unsur budaya Tionghoa sangat lazim diadakan di negeri Jiran tersebut. Perayaan pun berpusat di beberapa pecinan yang ada di Malaysia, salah satunya Georgetown, Pulang Penang, pusat perayaan diadakan di kuil Kek Lok Si yang dihiasi ribuan lampu yang tentunya indah dinikmati di malam hari.

 

4. Indonesia

kn

 

Walau kurang populer di Ibu Kota, Indonesia juga menjadi salah satu negara yang merayakan Cap Go Meh lho. Cap Go Meh menjadi salah satu perhelatan yang paling ditunggu di kawasan Singkawang, Kalimantan. Dalam perayaan ini, masyarakat mengadakan tradisi tatung yang diisi dengan pemanggilan roh leluhur maupun dewa-dewa dengan menjadikan tubuh manusia sebagai perantara, lalu diarak keliling ke tengah masyarakat yang sudah memadati ruas jalan. Selain Singkawang, Cap Go Meh pun juga dirayakan di berbagai daerah seperti Makassar, Medan, Bandung, dan Bogor.

 

Seperti koin yang memiliki dua sisi, Imlek dan Cap Go Meh merupakan dua perayaan yang tidak dapat dipisahkan. Satu perayaan berakhir, maka perayaan lainnya pun dimulai. Sejatinya, perayaan dengan berbagai tradisi dapat menunjukkan keberagaman yang mempererat persatuan kita sebagai nusantara yang kaya akan budaya. Sampai bertemu di postingan selanjutnya, Berrykitcheners!

Kata Kunci: Cap Go Meh Mancanegara
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup