facebook

Bumbu Hebat Buat Masakan Lezat

Jumat, 02 December 2016 - 15:34:03 WIB
Diposting oleh : Berry
Bumbu Hebat Buat Masakan Lezat

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Bumbu Hebat Buat Masakan Lezat

Hai Berryitcheners! Masakan khas nusantara selalu dikenal menggunakan bumbu rempah sehingga menghasilkan cita rasa lezat yang menggigit di lidah. Tidak hanya itu, masakan yang berasal dari Indonesia juga tak jarang mampu memanjakan indera penciuman kita dengan aromanya yang menggoda. Penasaran kenapa kuliner Indonesia bisa lezat? Simak bumbu rempah-rempah berikut yang kerap hadir di dapur Indonesia!

 

1. Bawang merah dan bawang putih

uygyu

Jika waktu kecil kamu pernah mendengar cerita rakyat bawang merah dan bawang putih, maka tak salah jika bahan ini dijadikan bahan nomor satu yang harus ada di dapur Indonesia. Gimana nggak? Saking akrabnya dengan bumbu ini sejak dulu, nenek moyang kita pun menciptakan kisah dongeng dengan tokoh ini. Selain dihaluskan untuk dicampurkan dengan bumbu lainnya, bawang merah biasa diolah menjadi bawang goreng. Sementara bawang putih sendiri, baik diiris, dikepret maupun dihaluskan, bawang putih selalu terasa sedap. Kedua bahan ini hampir selalu digunakan di setiap bahan masakan Indonesia lho.

 

2. Serai

dwqdq

Serai atau ada pula yang menyebutnya dengan sereh, merupakan anggota suku rumput-rumputan yang kerap dimanfaatkan untuk mengharumkan masakan. Tidak hanya Indonesia, serai juga dikenal di beberapa negara Asia Tenggara, seperti Thailand yang menggunakan serai dalam Tom Yum mereka. Penggunaan serai biasa dikeprak terlebih dulu sebelum dicampurkan dengan bahan masakan yang lain. Dan ternyata, serai punya manfaat lain yang tidak banyak diketahui. Manfaat tersebut antara lain ialah mencegah penyakit kanker, mengobati gangguan penceraan, dan dapat memperindah kulitmu lho, Berrykitcheners!

 

3. Lengkuas

dxedw

Lengkuas atau laos merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang dapat hidup di dataran tinggi maupun rendah. Lengkuas biasanya berukuran besar dan berwarna merah terang. Teksturnya yang keras membuat bumbu rempah ini sulit untuk dipotong. Dalam penggunaannya, lengkuas biasa dikeprak terlebih dulu sebelum dicampurkan bersama bumbu rempah lainnya. Lengkuas biasanya dimasak sebagai bahan bumbu rempah dari rendang. Maka jangan heran, ketika kamu menemukan lengkuas yang menyamar jadi rendang di dalam piringmu.

 

4. Kunyit

edq

Satu lagi bumbu rempah terkenal yang jadi andalan dalam masakan Indonesia. Kunyit. Ciri utama bumbu rempah ini ialah bentuknya yang seperti jari tangan, memiliki kulit bergaris-garis dan warna cokelat kekuningan. Kunyit biasa digunakan sebagai pewarna alami dalam masakan. Tahu, tempe, ikan, hingga ayam goreng favoritmu digoreng kuning dengan menggunakan kunyit. Tidak hanya menggoreng, kunyit juga digunakan sebagai bumbu nasi kuning, opor, kari, hingga gulai. Kunyit sendiri memiliki aroma khas dan rasa dasar yang sedikit pahit. Penambahannya tidak hanya untuk memberikan warna pada makanan, melainkan juga memberikan aroma dan cita rasa khas pada masakan. Kamu tidak perlu khawatir tanganmu menjadi kuning ketika menggunakan kunyit untuk memasak, karena kini kunyit bentuk bubuk sudah banyak dijual di pasaran.

 

Nah kini kamu sudah tahu kan? Sederet bumbu utama di ataslah yang biasa membuat cita rasa hidangan Indonesia favoritmu menjadi lezat. Nggak heran jika kuliner Indonesia kerap jadi menu favorit di dalam maupun luar negeri. Sampai bertemu di postingan selanjutnya ya!

 Referensi: https://foodsoldier.com/

Kata Kunci: Bumbu Hebat Buat Masakan Lezat
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup