facebook

Bahaya Paparan Formalin

Rabu, 19 July 2017 - 13:39:28 WIB
Diposting oleh : Berry
Bahaya Paparan Formalin

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Bahaya Paparan Formalin

Hai Berrykitcheners! Apa kabar kesehatanmu? Sebagai salah satu esensi, kebutuhan pangan memang harus kamu penuhi setiap hari. Untuk itu kamu wajib memastikan setiap makanan yang masuk dalam tubuhmu aman untuk dikonsumsi. Kendati begitu, beberapa produsen makanan masih menggunakan bahan kimia berbahaya seperti formalin pada produk makanannya. Kerap digadang sebagai bahan berbahaya, bagaimana reaksi tubuh bila terpapar formalin? Berikut ulasannya.

 

1. Terhirup

deww

 

Tidak hanya tertelan, formalin pun sudah dapat membahayakanmu bila terhirup lho. Formalin memiliki efek yang langsung terlihat dan efek jangka panjang. Bila terhirup, iritasi pada tenggorokan, hidung, gangguan pernafasan, rasa terbakar pada hidung dan tenggorokan. Formalin juga melukai dan merusak saluran pernapasan, radang dan pembekakan paru. Terhirupnya formalin ditandai dengan batuk, bersin, radang tekak dan tenggorokan, sakit dada yang belebihan, jantung berdebar, lelah, mual dan muntah. Sementara untuk jangka waktu lama dan berulang, formalin akan menimbulkan gangguan sakit kepala, pernapasan, luka pada ginjal, kemandulan, kanker hidung, mulut, tenggorokan, paru, dan otak.

 

2. Terpapar kulit

e232

 

Seperti yang dikutip dari laman CNN Indonesia Ari Fahrial Syam, dokter spesialis penyakit dalam FKUI-RSCM, dampak buruk bagi kesehatan pada seorang yang terpapar dengan formalin dapat terjadi akibat paparan akut atau paparan yang berlangsung kronik. Efek yang bisa langsung dirasakan bila formalin terkena kulit adalah rasa terbakar dan perubahan warna pada kulit menjadi merah, mengeras hingga mati rasa. Pada jangka waktu panjang, kulit akan terasa panas, mati rasa, gatal, serta kerusakan pada jari tangan, pengerasan kulit, dan radang kulit yang menimbulkan gelembung.

 

3. Terkena mata

dwe

 

Bila terpapar pada kulit saja formalin sudah memiliki efek, terlebih jika terkena mata. Jika terkena mata, formalin dapat menyebabkan iritasi hingga mata memerah, gatal, sakit, penglihatan kabur hingga mengeluarkan air mata. Pada konsentrasi tinggi, formalin menyebabkan pengeluaran air mata yang hebat  dan berujung pada rusaknya lensa mata. Dalam waktu yang lama, formalin pun dapat menyebabkan radang selaput mata.

 

4. Tertelan

eww

 

Jika terkena anggota tubuh bagian luar saja formalin sudah berbahaya, bagaimana bila tertelan? Dalam tubuh manusia, formalin atau formaldehida dikonversi menjadi asam format yang meningkatkan keasaman darah. Formaldehida pun bisa mengakibatkan terikanya DNA oleh protein sehingga menggangu genetik normal. Efek yang bisa dirasakan bila tertelan adalah timbulnya rasa terbakar pada mulut, tenggorokan, dan perut, mual, muntah dan diare. Formalin yang tertelan pun menyebabkan sakit perut yang hebat, sakit kepala, tekanan darah jadi rendah, kejang, hingga koma. Selain itu, kerusakan pun dapat terjadi pada beberapa organ tubuh diantaranya, hati, otak, limpa, pankreas, sistem susunan syaraf pusat, ginjal, dan jantung.

 

Dilansir dari laman CNN Indonesia, Ari pun menjelaskan Formalin bagi tubuh manusia diketahui sebagai zat beracun, karsinogen (menyebabkan kanker), mutagen (menyebabkan perubahan sel, jaringan tubuh), korosif dan iritatif. Kendati begitu, penelitian Badan Pengawas Obat dan Makanan menemukan formalin yang terdapat pada beberapa makanan keseharian kita seperti tahu, bakso, mie basah, ikan asin, dan kikil. Wah, kamu perlu lebih waspada nih, Berrykitcheners. Sampai bertemu di postingan selanjutnya ya!

Kata Kunci: Bahaya Paparan Formalin
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup