facebook

Ayam Tuturuga, Primadona Asal Manado

Kamis, 02 March 2017 - 16:11:09 WIB
Diposting oleh : Berry
Ayam Tuturuga, Primadona Asal Manado

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Ayam Tuturuga, Primadona Asal Manado

Hai Berrykitcheners! Wah, tidak terasa kita sudah akan memasuki akhir pekan dalam minggu ini ya, Berrykitcheners. Apa rencanamu untuk weekend kali ini? ­Belum punya rencana, atau malah terlalu lelah untuk pergi keluar dan memilih istirahat di rumah? Buat Berrykitcheners yang memilih untuk menghabiskan akhir pekan di rumah, kamu juga bisa tetap makan enak kok. Makanan apa yang cocok untuk mengisi weekendmu? Ayam tuturuga. Apa itu ayam tuturuga dan bagaimana rasanya? Simak yuk!

dwdqw

 

Sebagai penduduk tanah air, berapa banyak masakan Nusantara yang sudah kamu kenal dan cicipi? Soto Lamongan, Gado-Gado, Pempek, Rendang, Bakso? Wah, kalau sudah bicara tentang makanan Nusantara favorit, nama-nama tersebut pasti kerap muncul di benakmu.

Nggak cuma hidangan Nusantara yang berhasil dijajakan di ibu kota saja yang wajib kamu tahu. Ada hidangan tradisional asal Nusantara yang mungkin belum pernah terdengar di telingamu lho, ayam tuturuga. Iya, hidangan ini berasal dari Indonesia, tepatnya di belahan pulau Sulawesi, kota Manado.

wad

 

Tanah Manado sejak dulu dikenal dengan sajian kulinernya yang cukup ekstrim bila dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya di Indonesia. Termasuk tuturuga. Wah, memang tuturuga terbuat dari apa ya?

Tuturuga dahulu dibuat dengan menggunakan daging penyu sebagai bahan utamanya. Ups! Jadi bento Ayam Tuturuga kali ini juga mengandung penyu? Kamu nggak perlu khawatir, Berrykitcheners. Melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan, pemerintah Indonesia telah mengeluarkan hukum untuk perlindungan penyu, telur penyu, bagian tubuh/atau produk turunannya.

Keberadaan penyu yang kini cukup langka, akhirnya mendorong beberapa orang menciptakan hidangan Tuturuga dengan menggunakan ayam sebagai bahan utamanya. Jadi, bento Ayam Tuturuga di Berrykitchen menggunakan ayam tanpa ada unsur penyu sama sekali kok.

Bento Ayam Tuturuga menggunakan ayam pilihan segar yang dimasak dengan kekayaan bumbu rempah khas Manado dan diracik bersama cabai hingga terasa gurih, harum, dan pedas mantap di lidah. Iya, kombinasi rasa pedas dan rempah kesukaanmu akan kamu temukan di bento ini.

dewfw

 

Ahli nutrisi Berrykitchen, Yunita Kuswendini menuturkan, daging ayam merupakan jenis daging yang rendah lemak dan tinggi protein sehingga cocok untuk pertumbuhan dan perkembangan otot. Yunita pun juga memaparkan bahwa selain penting untuk pertumbuhan gigi, ginjal, hati, dan fungsi sistem saraf pusat, konsumsi daging ayam pun dapat membantu mencegah osteoporosis.

Walau dilanda hujan besar maupun panas yang sangat terik, akhirnya, kamu berhasil melalui minggu ini dengan baik dan fit. Tetap jaga kondisi kesehatan tubuh dengan asupan nutrisi seimbang dan minum air putih yang cukup ya, Berrykitcheners. Have a nice weekend!

Kata Kunci: Ayam Tuturuga, Primadona Asal Manado
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup