facebook

Asupan Penting Ibu Hamil

Selasa, 01 November 2016 - 17:52:35 WIB
Diposting oleh : Berry
Asupan Penting Ibu Hamil

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Asupan Penting Ibu Hamil

Hai Berrykitcheners! Kehamilan merupakan salah satu momen paling berharga bagi wanita. Menakjubkan rasanya bila mengandung si kecil yang menjadi bagian dari kita dan suami tercinta. Sebab itu, sangat penting bagi kamu untuk menjaga asupan nutrisi tubuh dan buah hatimu selama hamil. Makanan apa saja yang dibutuhkan kamu dan buah hati di perutmu? Yuk dicek!

 

1. Sayur dan buah-buahan

uiygu

Jika dalam kondisi normal saja tubuh membutuhkan asupan sayur dan buah-buahan setiap hari, maka terlebih ketika kamu sedang hamil. Ketika sedang hamil, tubuhmu disarankan untuk mengonsumsi sayuran terutama yang berwarna hijau gelap karena terdapat kandungan asam folat yang baik bagi pertumbuhan otak janinmu. Sayur dan buah-buahan yang kamu butuhkan di antaranya ialah, bayam, brokoli, wortel, pisang, alpukat, apel dan kacang merah.

 

2. Susu dan produk turunannya

uyuyhg

Penuhi kebutuhan kalsium untuk pertumbuhan tulang janinmu dengan mengonsumi susu rendah lemak, krim keju dan keju mozzarella. Namun bagaimana bila kamu alergi dengan susu dan produk turunanya? Jangan khawatir, cukup konsumsi susu kedelai, tahu dan tempe. Satu lagi yang perlu dicatat, hindari jenis keju yang tidak melewati proses pastereurisasi seperti keju gorgonzola, bire, feta, roquefort, dan camembert.

 

3. Sumber karbohidrat

tvgvhj

Karbohidrat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk memperoleh energi. Sebagian dari kita tentu setuju apabila dikatakan, belum kenyang jika belum makan nasi. Sebagai salah satu negara di Asia, Indonesia memang memiliki nasi sebagai makanan pokok, sehingga beberapa dari kamu tentu menganut paham yang satu ini. Namun selain nasi, kamu juga perlu mengonsumsi kentang, oatmeal maupun sereal yang kaya serat. Bosan dengan karbo yang itu-itu saja? Kamu pun bisa mengonsumsi aneka roti, jagung, dan pasta.

 

4. Daging dan telur

fdafae

Daging dan telur populer sebagai makanan sumber proterin. Protein merupakan salah satu zat esensial yang dibutuhkan oleh sel tubuh untuk pertumbuhan. Tidak heran bila si kecil di dalam perut kamu tentu membutuhkan zat yang satu ini. Daging yang baik kamu konsumsi ialah daging sapi, ayam, salmon, tuna dan tentu telur. Daging-daging yang kamu konsumsi sebaiknya memiliki kadar lemak yang rendah. Hindari pula mengonsumsi daging mentah. Jadi sebaiknya salmon dan tunamu dimasak dulu hingga matang selama kehamilan berlangsung ya, Berrykitcheners.

 

Cukup mudah bukan? Semua dapat dikonsumsi dengan seimbang dan tentu diiringi dengan minum air putih. Selama masa kehamilan kamu disarankan untuk meminum air putih sekitar 2,5 liter atau setara dengan 10 gelas per hari. Hindari pula minuman yang bersoda untuk mencegah kenaikan berat badan berlebih dan hipertensi. Semoga bermanfaat ya,Berrykitcheners!

Kata Kunci: Asupan Penting Ibu Hamil
Bagikan ke teman Kamu