facebook

Asal Usul Bakso

Senin, 12 December 2016 - 17:19:59 WIB
Diposting oleh : Berry
Asal Usul Bakso

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Asal Usul Bakso

Hai Berrykitcheners! Apa makanan favoritmu? Kalau bakso salah satunya, kamu nggak sendirian kok. Bakso memang jadi kegemaran mayoritas masyarakat Indonesia. Bukan cuma berasal dari Tiongkok, bakso juga memiliki kisah di balik asal usulnya. Berikut ceritanya!

 

wdwq

Bakso berasal dari daerah Fuzhou, Tiongkok yang lahir pada akhir Dinasti Ming atau sekitar awal abad ke-17. Saat itu, hidup seorang pria bernama Meng Bo yang sangat berbakti kepada ibunya. Namun dari waktu ke waktu, ibu Meng Bo bertambah tua dan jatuh sakit.

Ibu Meng Bo yang gemar memakan daging pun tak lagi bisa menikmati daging favoritnya. Usia dan penyakitnya tidak memungkinkan ibu Meng Bo untuk memakan hidangan dengan tekstur keras. Meng Bo pun berpikir semalaman, mencari ide agar ibunya dapat menyantap daging walau sudah tua dan sakit.

 

saqwd

Akhirnya, Meng Bo secara tidak sengaja melihat tetangganya yang sedang menumbuk beras ketan untuk kemudian dibuat kue mochi. Melihat hal itu, Meng Bo lalu mendapat ide untuk menumbuk daging sebagaimana tetangganya menumbuk beras ketan.

Hasilnya? Daging yang sudah ditumbuk pun memiliki tekstur yang lebih empuk dari pada daging biasa. Selesai ditumbuk, daging pun kemudian dibentuk menjadi bulatan-bulatan daging, lalu direbus.

Usaha Meng Bo untuk menyenangkan hati ibunya pun berhasil. Tidak hanya bisa menyantap daging kembali, daging yang diolah Meng Bo ini pun terasa lezat dan sangat empuk.  Cerita inilah yang kemudian menyebar ke seluruh sudut kota Fuzhou, sehingga banyak orang yang mendatangi Meng Bo untuk belajar membuat bakso.

 

sx

Diserap dari bahasa China sendiri, bakso terdiri dari kata “bak” dan “so”. “Bak” dalam bahasa China memiliki arti daging babi, sementara kata “so” berarti sup. Jika digabungkan keduanya memiliki makna sup daging babi. Namun kamu nggak perlu khawatir kalau bakso yang kamu makan dari daging babi. Karena mayoritas masyakarat Indonesia beragama muslim, sejak dulu bakso di Indonesia sudah diadaptasi dengan menggunakan daging sapi. Nggak perlu ragu menyantapnya lagi bukan? Sampai bertemu di postingan selanjutnya ya, Berrykitcheners!

Sumber: http://foodsoldier.com/

Kata Kunci: Asal Usul Bakso
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup