facebook

Aneka Salad Nusantara

Selasa, 09 May 2017 - 15:58:33 WIB
Diposting oleh : Berry
Aneka Salad Nusantara

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Aneka Salad Nusantara

Hai Berrykitcheners! Memasuki bulan Mei, menu sayuran apa yang senantiasa masih menjadi favoritmu? Gado-gado atau pecel? Yap. Salad khas Indonesia ini bukan hanya mirip, melainkan juga populer di dunia karena kelezatannya yang menggoda. Namun sebagai warga tanah air, kamu tentu wajib mengetahui perbedaan salad asal Indonesia seperti pecel, gado-gado, lotek, dan karedok. Apa saja yang membedakan salad lezat tersebut ya? Simak yuk!

 

1. Gado-gado

deww

 

Siapa sangka paduan sayuran dan bumbu kacang asal Indonesia ini digilai oleh vokalis Vertical Horizon, Matt Scannel. Apa sih rahasia gado-gado yang menggoda lidah vokalis band rock alternatif asal Amerika Serikat ini? Gado-gado menggunakan perpaduan sayuran rebus dan mentah seperti telur, kentang, jagung hingga kangkung rebus, dan mentimun, tomat serta daun selada air yang mentah. Sayuran ini kemudian diaduk bersama racikan bumbu kacang dan air asam. Kemudian diberikan toping kerupuk atau emping. Gado-gado pun bisa disajikan dengan nasi maupun lontong. Saking lezatnya, Scannel bahkan mengaku ingin selalu menyantap gado-gado sampai akhir hidupnya!

 

2. Lotek

dwew

 

Hmm.. Seperti pernah mendengar namanya ya? Lotek merupakan salah satu makanan yang tak jarang bisa kamu temui dari ujung barat hingga timur pulau Jawa. Hampir serupa dengan gado-gado, lotek menggunakan sayuran yang direbus sebagai bahan utamanya. Namun, ada beberapa sayuran yang wajib hadir dalam lotek lho. Sayuran tersebut ialah bayam, kacang panjang, kapri, dan kedelai. Lotek pun juga dihidangkan dengan saus kacang. Bila saus kacang gado-gado diracik dengan air asam, maka saus kacang dalam lotek diracik menggunakan kencur dan daun jeruk purut sehingga aromanya pun terasa lebih tajam.

 

3. Karedok

dew

 

Tidak berbeda dengan “makanan sejawatnya”, karedok juga menggunakan bumbu kacang di dalam sajiannya. Yang membedakan karedok dari semua salad khas Indonesia ialah karedok menggunakan sayuran mentah sebagai panganan utamanya. Bumbu kacang yang digunakan pun berasal dari racikan kacang tanah, bawang putih, cabai merah, kencur, air asam, gula jawa, garam, dan terasi. Karedok pun tak jarang dapat kamu temui di menu pernikahan yang menggunakan adat Betawi.

 

4. Pecel

eww

 

Apa yang pertama terlintas di benakmu bila menyebut makanan yang satu ini? Ya, kuliner khas Jawa Timur ini berasal dari daerah eks Karisidenan Madiun, sehingga tak heran bila banyak orang yang mengetahui Pecel Madiun sebegai pecel yang terkenal. Dalam bahasa Jawa, pecel dapat diartikan tumbuk atau dihancurkan dengan cara ditumbuk. Umumnya, pecel menggunakan sayur matang dan aneka pelengkap seperti rempeyek teri, telur mata sapi tahu dan tempe bacem, serta yang tidak boleh ketinggalan, tempe mendoan! Bumbu kacang pecel pun diracik secara khas dengan menggunakan daun jeruk. Nggak heran aroma pecel pun mampu membangkitkan selera makanmu. Pecel biasa disajikan dengan dipincuk atau atau dialasi dengan daun pisang.

 

Sama-sama menggunakan bumbu kacang, salad Indonesia di atas memiliki keunikannya masing-masing. Tidak heran bukan kalau makanan Nusantara memiliki aneka rasa yang seluruhnya mampu menggoda lidahmu. Jika artis Hollywood dan Barack Obama saja menyukainya, apa lagi kamu?

Referensi: foodsoldier.com

Kata Kunci: Aneka Salad Nusantara
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup