facebook

Aneka Pempek Lezat Palembang

Jumat, 02 December 2016 - 15:53:31 WIB
Diposting oleh : Berry
Aneka Pempek Lezat Palembang

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Aneka Pempek Lezat Palembang

Hai Berrykitcheners! Bicara tentang pempek, makanan khas Palembang ini memang paling bisa memenuhi selera lidahmu. Jika di Jakarta kita hanya mengenal beberapa jenis pempek, maka lain halnya di Palembang. Di sana, kamu dapat menemukan banyak jenis pempek yang semuanya terasa lezat. Apa saja jenis  pempek Palembang? Berikut beberapa di antaranya.

 

1. Kapal selam

efw

Sering dengar namanya namun bingung ini pempek apa? Pempek kapal selam merupakan pempek telur berukuran besar Lantas kenapa dinamai kapal selam? Hal ini merujuk pada pendapat sebagian besar orang yang menilai bentuk pempek yang besar saat digoreng dalam minyak  terlihat mirip dengan kapal selam. . Perbedaannya dengan pempek telur ialah pempek kapal selam menggunakan satu buah telur utuh yang tidak dikocok, sementara pempek telur berukuran kecil dan diisi sedikit kocokan telur.

 

2. Lenjer

qwdq

Nah, untuk yang satu ini, sebagian dari kita sudah tahu tentunya. Pempek lenjer merupakan pempek yang dibentuk panjang. Sama seperti kebanyakan pempek lainnya, pembuatan pempek lenjer juga direbus di dalam air mendidih hingga pempek mengambang di permukaan air. Pempek ini tersedia dalam ukuran besar maupun kecil

 

3. Pistel

ygvtgt

Beberapa orang Palembang menyebut pempek ini dengan sebutan pempek kates. Ya, kates merupakan nama lain dari pepaya. Seperti namanya, pempek ini menggunakan isian pepaya. Seperti apa rasanya? Tenang, kamu tidak perlu membayangkan potongan buah pepaya berwarna merah yang terasa manis. Pempek ini menggunakan parutan pepaya muda berwarna putih yang tidak memiliki rasa manis, kemudian ditumis dengan bumbu khas dan campuran ebi. Rasanya pun gurih dan harum.

 

4. Keriting

wefwe

Seperti namanya, pempek ini berbentuk keriting seperti gumpalan mie. Pembuatannya hampir sama dengan pempek lainnya, namun pempek keriting dibuat dengan menggunakan cetakan. Pempek keriting dibuat dengan menggunakan cetak khusus yang kemudian ditekan hingga adonan mengalir ke bawah. Setelah itu berulah pempek keriting direbus.

 

5. Lenggang

hbkjjbkj

Dinamakan pempek lenggang karena dimasak dengan cara dilenggang atau yang berarti dipanggang di atas tungku. Adonan pempek dicampur dengan telur yang sudah dikocok terlebih dulu, lalu dipanggang menggunakan dua buah wadah yang dibentuk dari daun pisang. Bolak-balik pempeknya, panggang hingga matang. Pempek lenggang pun siap kamu santap!

 

Terkenal dengan sungai Musinya, Palembang memang kaya dengan hasil ikannya. Tak heran jika dari dahulu, pempek sudah dibuat dengan begitu banyak variasi. Hampir seluruh pempek dinikmati bersama kuah cuka yang manis dan pedas. Nikmati pempek Palembang sambil menghirup cuka yang pedas. Sluurp.. enak nian!

 

 

Kata Kunci: Aneka Pempek Lezat Palembang
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup