facebook

Alasan PNS Masih Jadi Pekerjaan Favorit

Rabu, 17 October 2018 - 22:55:43 WIB
Diposting oleh : Berry
Alasan PNS Masih Jadi Pekerjaan Favorit

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Alasan PNS Masih Jadi Pekerjaan Favorit

Sejak zaman orang tua kita – atau bahkan kakek dan nenek kita – sampai sekarang, Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih jadi pekerjaan idaman banyak orang. Terbukti, tahun ini, ada 4,4 juta akun yang terdaftar di website SSCN BKN. Padahal, formasi yang tersedia di pusat dan daerah tidak sampai 240 ribu.

 

Seleksi yang sangat ketat rupanya tak menyurutkan minat banyak orang untuk tetap mendaftar tes Calon Pegawai Negeri Sipil dari tahun ke tahun. Tentu, ada alasan kuat di balik ini.

 

Alasan PNS Masih Jadi Pekerjaan Favorit

Keamanan dan kestabilan kerja

Jaminan hari tua

Setelah pensiun nanti, para mantan abdinegara tidak perlu terlalu khawatir akan kestabilan ekonomi rumah tangganya karena tetap mendapat pemasukan bulanan berupa uang pensiun, termasuk pula THR dan gaji ke-13. Inilah salah satu alasan utama banyak orang berminat menjadi PNS.

 

Gaji dan tunjangan

Dibanding dengan swasta, gaji pokok PNS bisa jadi kalah besar. Tapi kalau sudah ditambah berbagai tunjangan, take home pay PNS akan terlihat menggiurkan. Bagaimana tidak, tunjangannya terdiri dari tunjangan keluarga, jabatan, pangan, perbaikan penghasilan/remunerasi, kemahalan, sampai tunjangan risiko. Ya, bukan cuma hidupmu yang ditanggung negara, tapi juga istri dan anakmu.

 

Jenjang karier yang jelas

Saat kamu masuk sebagai PNS, eselon awalmu akan ditentukan oleh tingkat pendidikan terakhirmu. Pangkatmu akan meningkat seiring waktu, apalagi jika kamu diberi kesempatan untuk mendapat pendidikan dan pelatihan lagi. Tak perlu khawatir kariermu mentok karena jenjang karier PNS panjang dan jelas.

 

Kemudahan kredit rumah

Jaminan kestabilan kerja PNS membuat aparatur negara mudah mendapat kepercayaan untuk mencicil. SK Pengangkatan Pegawai bisa dijadikan jaminan pinjaman ke bank. Selain itu, ada fasilitas pembiayaan perumahan dengan bunga rendah hingga DP 0 Rupiah. Hal ini tentu menggiurkan karena harga rumah semakin lama semakin sulit terjangkau.

 

Tidak ada PHK

PNS cocok bagi kamu yang menginginkan kemapanan dan kepastian kerja. Berbeda dengan karyawan swasta yang bisa di-PHK atau wiraswasta yang berisiko bangkrut.

 

Pekerjaan dianggap tidak terlalu berat

Ada yang bilang, dengan beban kerja yang sama, reward PNS lebih besar dibanding karyawan swasta. Jam kerja yang tetap dan bisa dipersingkat (misalnya saat bulan puasa) juga membuat PNS bisa memiliki waktu luang lebih untuk menjalani hobi, usaha sampingan, atau berkumpul bersama keluarga.

 

Pada Lebaran yang lalu, PNS bisa menikmati libur yang lebih panjang tanpa memotong hak cuti tahunan. Hal ini berbeda dengan karyawan swasta yang kadang masih harus masuk saat cuti bersama atau bahkan di tanggal merah.

 

Gengsi

Banyak orang masih menganggap bahwa bekerja untuk negara adalah posisi terhormat. Konon, ini adalah warisan dari sistem kerajaan dan kolonial. Karena itu, PNS masih dinilai sebagai pekerjaan bergengsi.

 

Tak sedikit orang tua yang menyuruh anaknya jadi PNS karena dianggap membanggakan. Bahkan, menjadi PNS juga bisa mempermudah seseorang mendapat pasangan karena pekerjaan ini biasanya lebih disukai calon mertua.

 

Berkesempatan ke luar negeri

Dengan menjadi PNS, kamu berkesempatan pergi ke luar negeri, baik untuk urusan dinas maupun untuk melanjutkan studi. Sebab, tawaran beasiswa untuk PNS terbuka lebar. Kamu jadi bisa menikmati teriyaki beef atau beef bulgogi di negara asalnya, deh.

 

Ingin mengabdikan diri pada negara

Di antara alasan lain yang terkesan egois, iniilah alasan yang bisa dibilang ‘mulia’. Daripada sekadar mengritik pemerintah, lebih baik berkontribusi nyata dan mencoba memperbaiki dari dalam.

 

Jadi PNS Tidak Selalu Enak

Kelihatannya jadi PNS enak sekali, ya? Padahal tidak selalu seperti itu, lo. Karena gajinya berasal dari uang negara, PNS punya tanggung jawab besar terhadap rakyat. Reformasi birokrasipun membuat aturan tentang gratifikasi dan kedisiplinan semakin kaku dan ketat.

 

Pekerjaan sebagai PNS juga ternyata tidak terlalu diminati sebagian generasi milenial. Beberapa mahasiswa berpendapat bahwa pekerjaan PNS monoton serta konservatif, sehingga sulit untuk berkembang dan mengutarakan pendapat. Mereka lebih memilih bekerja di perusahaan swasta yang lebih dinamis dan menantang.

 

Mungkin tidak semua PNS merasakan semua kemudahan di atas, namun pada umumnya orang menganggap bahwa PNS memiliki hidup terjamin meski kadang tidak sampai kaya raya.

 

Sah-sah saja kalau kamu masih memiliki impian menjadi aparatur negara. Tapi, dengan pendapatan dan fasilitas yang terus membaik, jika kamu kelak menjadi PNS, jangan lupa untuk sungguh-sungguh melayani masyarakat, ya.

 

Foto: http://primaradio.co.id

 

Kata Kunci: Alasan PNS Masih Jadi Pekerjaan Favorit
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup