facebook

9 Fakta tentang Unicorn

Kamis, 21 February 2019 - 21:56:41 WIB
Diposting oleh : Berry
9 Fakta tentang Unicorn

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > 9 Fakta tentang Unicorn

Sejak debat calon presiden terakhir, unicorn jadi banyak dibicarakan. Dalam konteks ini, unicorn berarti perusahaan startup swasta yang memiliki valuasi di atas 1 miliar dollar. Namun biasanya istilah unicorn merujuk pada hewan legenda berupa kuda putih yang memiliki satu tanduk besar, runcing, dan spiral di dahinya.

 

Unicorn hanyalah hewan tak nyata, namun tak sedikit orang zaman dulu yang percaya akan eksistensinya. Berrykitchen sudah merangkum fakta-fakta unik soal unicorn seperti berikut ini:

 

Unicorn dan Pegasus

alicorn, pegasi

 

Unicorn tinggal di bumi dan tidak punya sayap. Sementara pegasus adalah kuda jantan bersayap dalam mitologi Yunani. Jika unicorn dan pegasus kawin, anak yang dihasilkan bisa jadi unicorn bersayap yang disebut pegasi atau alicorn. Istilah alicorn juga digunakan untuk tanduk unicorn.

 

Narwhal, Unicorn Laut

narwhal

 

Narwhal atau narwhale (Monodon monoceros) adalah sejenis paus yang memiliki tanduk panjang, lurus, dan spiral seperti unicorn. Karena itu, hewan laut ini disebut juga unicorn laut. Tanduk tersebut sebenarnya taring yang menonjol dan hanya ada pada narwhal jantan. Hewan ini hidup di perairan Arktik di sekitar Greenland, Kanada, dan Russia.

 

Tanduk Unicorn Dijual sebagai Obat

tanduk unicorn

 

Sebuah apotek di London menjual serbuk tanduk unicorn pada 1741. Diklaim, serbuk tersebut bisa mengobati sakit, nyeri, dan berbagai penyakit. Ternyata, obat ini terbuat dari tanduk narwhal.

 

Lukisan Unicorn Terpahat di Gua di Berbagai Negara

lukisan unicorn di gua

 

Rupanya kepercayaan akan keberadaan unicorn tidak hanya ada di Yunani kuno. Buktinya, lukisan unicorn ada di gua seluruh dunia, dari Prancis sampai Afrika Selatan dan Amerika Selatan. Unicorn juga disebut dalam mitos-mitos di Asia dan Eropa.

 

Bukan Sekadar Mitologi, Unicorn Tertulis dalam Sejarah Yunani

surat bahasa yunani

 

Pliny the Elder menggambarkan unicorn sebagai ‘…hewan tergalak. Konon tak mungkin menangkapnya hidup-hidup. Tubuhnya berupa kuda, kepalanya rusa jantan, kakinya seperti gajah, ekornya babi hutan, dan ada sebuah tanduk hitam sepanjang hampir satu meter di tengah dahinya. Lenguhannya berat.’

 

Meski demikian, Pliny dikenal menulis fabel (dongeng hewan) yang disalahartikan sebagai sejarah alam. Iapun sering gagal mengecek fakta dan sering ‘membumbui’ kenyataan. Sstt… Pelangi yang identik dengan unicorn modern tidak termasuk dalam deskripsi Pliny, lo.

 

Dikira Unicorn, Ternyata Badak

siberian unicorn

 

Politikus Romawi Julius Caesar mengatakan pernah melihat unicorn di sebuah hutan di Jerman. Marco Polo si Penjelajah asal Italia juga bilang pernah melihat unicorn. Ternyata, yang mereka lihat adalah badak.

 

Dahulu kala memang ada badak besar yang disebut Siberian unicorn (Elasmotherium sibiricum). Badak yang sudah punah tersebut berukuran sebesar mammoth dan diperkirakan memiliki tanduk besar dan tebal di dahinya.

 

Unicorn Mencegah Invasi ke India

unicorn membungkuk

 

Pemimpin Mongolia Genghis Khan dilaporkan berpapasan dengan seekor kuda jantan bertanduk. Konon unicorn tersebut membungkuk di hadapan Khan sebagai tanda bahwa Khan harus menarik pasukannya. Sang penguasapun membatalkan serangan ke India.

 

Penampakan Unicorn Terbaru

unicorn di hutan

 

Unicorn terakhir terlihat di Inggris pada supermoon Agustus 2014. Sekilas kuda bertanduk ini muncul di acara Moreton-in-Marsh Agricultural & Horse. Ia mengekor saat domba-domba berlomba di acara tahunan Lamb National sebelum menghilang di pepohonan.

 

Jadi Hewan Nasional Skotlandia

koin skotlandia

 

Nessie, monster yang konon mendiami Loch Ness di Skotlandia, mungkin adalah makhluk mitos yang paling terkenal di negara ini. Namun, unicorn lah yang menjadi hewan nasional Skotlandia, sampai-sampai ada Hari Unicorn Nasional yang diperingati setiap tanggal 9 April. Hari ini juga diperingati di Amerika Serikat di tanggal yang sama.

 

Jadi, sebenarnya unicorn itu tidak ada, Berrykitcheners. Penampakan hewan yang sering dianggap unicorn aslinya adalah narwhal atau badak. Bagaimana menurutmu?

 

Untuk kopi putih seperti unicorn, Berrykitchen punya Flat White Bottle dari Gambino. Cocok untuk kamu yang menyukai sedikit sentuhan krimer tanpa mengganggu dominasi espresso. Coba, yuk!

 

Foto: https://www.exploreyork.org.uk

 

Kata Kunci: 9 Fakta tentang Unicorn
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup