facebook

9 Fakta tentang Stan Lee

Kamis, 15 November 2018 - 13:46:04 WIB
Diposting oleh : Berry
9 Fakta tentang Stan Lee

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > 9 Fakta tentang Stan Lee

Para fans Marvel tentu merasa sangat kehilangan sosok Stan Lee, otak di balik tokoh-tokoh superhero terkenal seperti Iron Man, Thor, Captain America, dan sebagainya. Pria yang meninggal dunia di usia 95 tahun ini dikenal sebagai komikus yang sering tampil sebagai cameo di film-film Marvel.

 

Selain itu, ada beberapa fakta menarik terkait Stan Lee yang mungkin belum kamu tahu. Ini contohnya:

 

Hidup Susah Waktu Kecil

Stanley Martin Lieber (Stan Lee) lahir pada 28 Desember 1922 di Manhattan, Amerika Serikat. Orang tuanya yakni Celia dan Jack Lieber adalah imigran Yahudi keturunan Romania. Ayahnya yang memiliki keterampilan sebagai penjahit hanya bekerja sesekali setelah era Great Depression.

 

Mereka tinggal berpindah-pindah dan pernah menetap di Bronx. Di apartemen, Lee dan adiknya, Larry Lieber, berbagi tempat tidur, sedangkan orang tua mereka tidur di sofa.

 

Ketertarikan pada Komik Superhero

Sejak kecil, Lee sudah tertarik pada buku dan film, terutama yang menampilkan aktor Errol Flynn saat memerankan tokoh heroik. Ia senang menulis dan bermimpi bisa menciptakan buku yang kelak akan masuk ke dalam kategori Great American Novel.

 

Pekerjaan Awal dan Nama ‘Stan Lee’

Saat remaja, Lee pernah melakukan pekerjaan-pekerjaan paruh waktu sebagai berikut:

  • Menulis obituari di sebuah kantor berita
  • Menulis press release di National Tuberculosis Center
  • Mengantar sandwich dari apotek Jack May ke kantor-kantor di Rockefeller Center
  • Bekerja sebagai office boy di sebuah produsen celana panjang
  • Pengantar tamu di Rivoli Theater di Broadway
  • Menawarkan langganan koran New York Herald Tribune

 

Ia lalu menjadi editor di Timely Comics (berubah nama menjadi Atlas Comics pada 1950-an dan menjadi Marvel Comics di tahun 1961) saat usianya 19 tahun. Pekerjaan awalnya membosankan, yakni memastikan wadah tinta yang digunakan seniman untuk menggambar dengan pena penuh, mengambilkan makan siang (Creamy Tomato Fish, anyone?), proofreading, bahkan menghapusi coretan pensil dari kertas.

 

Komik pertamanya keluar pada Mei 1941. Ia menulis teks pengisi untuk komik Captain America edisi 3. Di sinilah ia menggunakan nama ‘Stan Lee’ untuk pertama kali. Sebab, ia malu jika suatu hari ia menulis Great American Novel dan orang mengaitkan nama aslinya dengan komik yang saat itu memiliki status sosial rendah.

 

Cameo

Penggemar Marvel pasti mencari-cari keberadaan Stan Lee sebagai pemeran figuran di setiap film Marvel. Sebab, di dalam kontrak, Lee mencantumkan bahwa ia harus tampil di film manapun yang berdasarkan karakter-karakter ciptaannya.

 

Lee bisa tampil sebagai dirinya sendiri atau karakter tertentu. Ia tidak hanya muncul di film, tapi juga di komik, animasi, live action, dan serial TV. Bahkan, ia juga tampil di luar Marvel seperti di salah satu episode The Simpsons. Sebelum meninggal, Lee sudah selesai syuting untuk peran cameo-nya di film Avengers keempat yang akan tayang tahun depan.

 

Pernah Gagal

Lee terkenal bertangan dingin. Namun, tidak semua karyanya sukses di pasaran. Contohnya:

  • Dragons vs. Pandas, buku anak-anak yang menargetkan pasar Tiongkok
  • Stan Lee’s Hero Command, mobile game tentang superhero
  • Backstreet Project, komik dan web series yang menampilkan anggota boyband Backstreet Boys

 

Nakal

Saat berada di puncak ketenaran pada 1975, Lee pernah menawarkan ke majalah Playboy untuk dibuatkan komik dengan karakter bernama ‘High Priestess Clitanna’ dan ‘Lord Peckerton’, nama yang memiliki makna seksual.

 

Ia juga pernah membuat serial animasi erotis berjudul Stripperella untuk Spike TV. Acara TV yang menampilkan bintang seksi Pamela Anderson ini berkisah tentang wanita sintal yang bekerja sebagai pole dancer di siang hari dan pahlawan super di malam hari.

 

Serial ini berhenti tayang setelah satu musim. Anderson ternyata menanggapinya dengan senang karena menurutnya Lee menginginkan adegan bugil sedangkan Anderson tidak mau.

 

Setia

Meski pernah membuat karya ‘nakal’, Lee ternyata termasuk pria yang setia. Ia hanya menikahi satu wanita sampai maut memisahkan. Pernikahannya dengan Joan Clayton Boocock berlangsung pada 5 Desember 1947 dan mereka dikaruniai dua anak perempuan, yakni Joan Celia "J. C." Lee yang lahir tahun 1950 dan Jan Lee yang meninggal tiga hari setelah dilahirkan pada 1953.

 

Lee juga mengaku tidak pernah ke tempat pangkas rambut selama ia dewasa karena rambutnya selalu dipotongi oleh istrinya. Karena itu, Lee selalu tampil dengan gaya rambut disisir ke belakang.

 

Pada 6 Juli 2017, sang istri meninggal karena komplikasi stroke. Saat itu ia berusia 95 tahun dan sudah menikah selama 69 tahun dengan Lee.

 

Tidak Paham Investasi

Meski menerima bayaran besar dari Marvel di tahun 1990-an sampai 2000-an, Lee tidak punya saham di Marvel saat perusahaan tersebut dijual ke Disney dengan nilai USD 4 miliar. “Salah satu penyesalan saya seumur hidup adalah saya terlalu santai soal uang,” kata Lee.

 

Excelsior!

Lee terkenal dengan slogannya “Excelsior!” yang berarti ‘semakin tinggi’. Kata ini juga digunakan sebagai moto negara bagian New York dan moto karakter Al Gore di serial animasi South Park episode ManBearPig.

 

Foto: Associated Press

 

Kata Kunci: 9 Fakta tentang Stan Lee
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup