facebook

8 Fakta Unik Orang Kidal

Kamis, 09 August 2018 - 01:40:35 WIB
Diposting oleh : Berry
8 Fakta Unik Orang Kidal

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > 8 Fakta Unik Orang Kidal

Kamu lebih senang dan lebih bisa menggunakan tangan kiri untuk melakukan berbagai aktivitas? Jika iya, kamu termasuk si kidal yang hanya ada 10% dari populasi dunia. Sisanya, atau sekitar 70-95% orang di dunia, tangan kanannya lebih dominan (disebut juga ‘kinan’). Kidal juga lebih banyak dialami pria dibanding wanita.

 

Orang kidal memang unik meski sering dipandang negatif, misalnya karena lebih suka makan popcorn chicken dengan tangan kiri. Konon mereka lebih kreatif, cerdas, introvert, dan lebih banyak menggunakan otak kanan walau ada yang bilang ini hanya mitos. Selain itu, inilah fakta unik lainnya terkait orang kidal:

 

Orang Kidal Lebih Telat Puber

Orang kidal biasanya baru memasuki masa pubertas 4-5 bulan setelah orang kinan.

 

Orang Kidal Lebih Sering Mengalami Gangguan Tidur

Sebuah studi kecil di jurnal Chest memonitor pergerakan ritmik anggota tubuh dari orang kidal dan orang kinan saat mereka tidur. Para peneliti menemukan bahwa 94% orang kidal menunjukkan pergerakan anggota badan saat tidur, sementara orang kinan hanya 69%. Dari riset ini terlihat bahwa orang kidal kurang nyenyak tidurnya dibanding orang kinan.

 

Orang Kidal Lebih Banyak Mengidap Gangguan Mental Serius

Menurut studi Yale University terhadap sekelompok kecil individu dari klinik psikiater rawat luar, 40% orang yang mengidap skizofrenia adalah kidal. Peneliti tertarik mengeksplor hubungan antara karakteristik psikosis seperti halusinasi atau delusi dengan tangan yang dominan. Mereka yakin bahwa jawabannya tergantung pada bagian otak mana yang cenderung lebih banyak digunakan orang kidal.

 

Orang Kidal Memiliki Tubuh Lebih Seimbang

Kalau orang kanan cenderung lebih sensitif terhadap sisi tubuh bagian kanan, orang kidal cenderung lebih seimbang di kedua sisi. Lengan kiri dan kanan si kidal juga cenderung sama kekuatan dan ukurannya sementara orang kinan biasanya memiliki lengan kanan yang lebih kuat dan besar.

 

Saat Menggambar Bentuk Orang…

Kebanyakan orang kidal cenderung menggambar sosok yang menghadap ke kanan dan kesulitan membuat wajah yang mengarah ke kiri.

 

Olahraga yang Cocok untuk Si Kidal

Kemampuan orang kidal dalam menggunakan tangan kiri akan terasa manfaatnya saat bermain tenis, anggar, dan tinju. Atlet tenis ternama Rafael Nadal sebenarnya terlahir dominan tangan kanan, tapi waktu kecil dilatih menggunakan tangan kiri untuk bermain tenis karena pelatihnya berpendapat bahwa hal ini akan menguntungkannya di lapangan.

 

Orang kidal juga lebih mudah melihat di bawah air, sehingga cocok memainkan permainan air.

 

Strategi khusus harus dibuat untuk atlet bisbol (baseball) kidal. Sebab, pemain (batter) kidal cenderung sulit memukul bola yang dilempar pelempar (pitcher) kidal dibanding pemain kinan melawan pelempar kinan. Meski demikian, jika dipasangkan dengan pelempar kinan, pemain kidal justru mendapatkan beberapa keuntungan.

 

Saat bermain, posisi fisik pemain kidal terbuka menghadap ke base pertama sehingga lebih mudah mencapainya dibanding pemain kinan. Mereka juga lebih gampang melihat bola yang datang tanpa terhalang bahu kiri seperti pada pemain kinan. Karena itu, pemain kidal dapat mencapai base pertama 1/6 detik lebih cepat dibanding pemain kinan.

 

Cara Mendeteksi Kidal Sejak Dini

Penasaran apakah janin dalam kandungan akan jadi kidal atau tidak? Coba cek hasil USG. Konon, 90% bayi dalam rahim lebih senang menggunakan jempol kanan. Angka tersebut sama dengan persentase orang kinan di dunia.

 

Saat bayi sudah lahir, coba tengkurapkan. Bayi yang dominan tangan kanan akan menolehkan kepala mereka ke kanan, sedangkan bayi kidal lebih suka ke kiri atau menengok ke kedua sisi tanpa cenderung pada salah satunya.

 

Selain itu, ibu hamil yang berusia lebih dari 40 tahun memiliki risiko sebesar 125% melahirkan bayi kidal. Janin kembar juga memiliki kecenderungan tinggi salah satunya menjadi kidal.

 

Tokoh Terkenal yang Kidal

  • Barack Obama
  • Bill Clinton
  • Bill Gates
  • Oprah Winfrey
  • Paul McCartney

 

Apakah kamu kidal atau tahu seseorang yang kidal? Fakta-fakta di atas ada pada diri mereka juga, enggak, ya?

 

Foto: https://bigthink.com

 

Kata Kunci: 8 Fakta Unik Orang Kidal
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup