facebook

8 Fakta Menarik Grammy 2019

Kamis, 14 February 2019 - 02:00:38 WIB
Diposting oleh : Berry
8 Fakta Menarik Grammy 2019

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > 8 Fakta Menarik Grammy 2019

The 61st Annual Grammy Awards selesai digelar pada 10 Februari 2019 lalu di Staples Center, Los Angeles, Amerika Serikat. Di acara penghargaan terhadap musisi dan karyanya yang diproduksi di tahun 2018 ini, Childish Gambino dan Kacey Musgraves masing-masing membawa empat piala dan menjadi peraih trofi terbanyak malam itu.

 

Untuk nominasi terbanyak, Kendrick Lamar yang teratas dengan delapan nominasi. Selain itu, ada beberapa fakta menarik yang terjadi di ajang bergengsi tahunan ini. Apa saja?

 

Beberapa Artis Tidak Hadir

Sebagian pemenang, nominasi, dan penampil tidak hadir di ajang bergengsi ini dengan berbagai alasan:

  • 21 Savage tidak dapat menghadiri Grammy karena sedang ditahan pihak imigrasi
  • Ariana Grande menolak hadir dan tampil karena merasa produser Grammy Ken Ehrlich menghambat kreativitasnya dengan mendikte lagu apa yang harus ia bawakan di acara tersebut
  • Childish Gambino, menolak tampil dan tidak datang untuk mengambil trofinya
  • Kelly Clarkson tidak bisa hadir karena sedang tur
  • Kendrick Lamar tidak hadir meski namanya disebut dalam delapan nominasi
  • Taylor Swift tidak datang karena sedang syuting adaptasi musikal film Cats di London

 

Gambino dan Lamar kemungkinan tidak hadir karena The Recording Academy yang menaungi Grammy dianggap tidak berpihak pada ras minoritas dan perempuan. Bagaimanapun juga, asosiasi ini sudah melakukan beberapa upaya untuk agar lebih peduli dengan keragaman.

 

 ‘This Is America’, Lagu Rap Pertama yang Memenangi Record dan Song of The Year

Childish Gambino menorehkan sejarah di malam Grammy lalu. ‘This Is America’ menjadi lagu rap pertama yang memenangi Record of The Year dan Song of The Year di sepanjang sejarah Grammy. Selain itu, meski video musiknya kontroversial karena dipenuhi simbol rasisme dan kekerasan, This Is America juga terpilih sebagai Best Music Video.

 

Apa bedanya Record of The Year dan Song of The Year? Kalau penghargaan Record of The Year untuk si penyanyi, Song of The Year ditujukan bagi penulis lagu. Kebetulan Gambino juga terlibat dalam penulisan lagu This Is America.

 

Gambino yang merupakan alter ego dari aktor Donald Glover juga memenangi Best Rap/Sung Performance. Jadi, total penghargaan yang ia menangkan adalah empat dari lima nominasi. Ia hanya kalah di Best R&B Song dengan lagu Feels Like Summer yang ia tulis.

 

Cardi B Jadi Wanita Pertama yang Memenangi Best Rap Album

Rekor Grammy kembali dipecahkan oleh lagu rap. Kali ini Cardi B yang menjadi artis solo wanita pertama yang memenangkan Grammy di kategori Best Rap Album untuk albumnya Invasion of Privacy. Sebelumnya, Lauryn Hill pernah memenangi Grammy di tahun 1999 tapi untuk Best R&B Album, bukan Best Rap Album.

 

Lebih Ramah Vegan

Afterparty Grammy Awards tahun ini tampaknya merupakan ajang yang paling ramah vegan. Untuk pertama kalinya, The Recording Academy bekerja sama dengan People for the Ethical Treatment of Animals (PETA) memastikan setiap station makanan di pesta tersebut memiliki opsi vegan.

 

Ini bisa jadi kabar baik untuk artis vegan seperti Miley Cyrus serta Chloe dan Halle Bailey. Buah-buahan seperti jeruk dan kiwi tak lagi jadi satu-satunya makanan yang aman mereka santap.

 

Michelle Obama dan Kawan-kawan Naik Panggung

Penonton mendapat kejutan manis di pembukaan Grammy 2019. Lima wanita berpengaruh yang menyebut diri mereka ‘sisters’ hadir di panggung untuk berbicara tentang pentingnya musik menurut mereka. Mereka adalah Alicia Keys, Lady Gaga, Jada Pinkett Smith, Jennifer Lopez, dan Michelle Obama. Tepuk tanganpun bergemuruh menyambut pidato mereka.

 

Alicia Keys Memainkan Dua Piano Sekaligus

Sang host membawakan sekitar 10 lagu dilengkapi dua piano. Dan di tengah medley-nya, perempuan yang secara total pernah dianugerahi 15 piala Grammy ini memainkan kedua piano secara bersamaan. Wow!

 

Grammy 2019 Penuh Wanita

Grammy punya sejarah bermasalah dengan kurangnya pemenang dan nominasi wanita. Tapi tahun ini berbeda. Perempuan seperti mengambil alih panggung Grammy 2019. Mulai dari host Alicia Keys, Michelle Obama dan sisters, tribute untuk Dolly Parton, serta penampilan Janelle Monae, H.E.R., Kacey Musgraves, Camilla Cabello, Cardi B, dan sebagainya yang memukau.

 

Almarhum Chris Cornell Memenangi Penghargaan

Lagu Chris Cornell, When Bad Does Good, memperoleh penghargaan Best Rock Performance. Cornell sendiri adalah vokalis band Soundgarden yang meninggal dunia pada Mei 2017 karena gantung diri. Di kategori ini, Cornell mengalahkan para pesaingnya yang masih hidup yakni Greta Van Fleet, Arctic Monkeys, Halestorm, dan The Fever 333.

 

Foto: https://www.rollingstone.com

 

Kata Kunci: 8 Fakta Menarik Grammy 2019
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup