facebook

7 Jenis Kurma di Pasaran Indonesia

Kamis, 17 May 2018 - 05:54:42 WIB
Diposting oleh : Berry
7 Jenis Kurma di Pasaran Indonesia

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > 7 Jenis Kurma di Pasaran Indonesia

Mendengar kata ‘kurma’, kita akan teringat buah asal Timur Tengah yang terkenal memiliki rasa manis dan identik dengan bulan puasa. Sebenarnya, rasa manis kurma beragam. Ada yang tidak terlalu manis, ada yang sedang, dan ada pula yang terkenal sangat manis seperti karamel.

 

Ya, di pasaran ada banyak jenis kurma dan masing-masing memiliki karakteristik berbeda. Bisa jadi ini karena perbedaan tanah tempatnya ditanam, apakah di Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Tunisia, Mesir, atau bahkan Amerika Serikat.

 

Selain rasa manisnya, teksturnya juga beragam. Ada yang agak kering dan berserat, ada pula yang lembut dan basah. Kurma bisa jadi pengganti kismis dalam granola atau overnight oats.

 

Kamu suka kurma yang seperti apa? Agar tidak bingung memilih, Berrykitchen punya panduan ciri kurma yang tersedia di pasaran Indonesia:

 

Ajwa

kurma ajwa

 

Bagi umat Islam, kurma ini memiliki nilai spesial karena namanya tertulis dalam hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim: “Barangsiapa mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa pada pagi hari, maka hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir”. Kurma ini juga disebut kurma Nabi karena disukai oleh Nabi Muhammad SAW dan pertama kali ditanam olehnya.

 

Kurma ajwa memiliki ciri warna hitam dengan garis-garis di permukaannya. Ukurannya agak besar, sedikit bulat, kering, bertekstur lembut, dan memiliki rasa manis standar dengan aksen nutty. Kurma ini bisa disebut kurma paling langka karena banyak dicari namun hanya dipanen di Madinah, Arab Saudi. Karena itu kurma ajwa paling mahal dibanding kurma jenis lain.

 

Deglet Noor

kurma deglet noor

 

Deglet noor berarti ‘kurma cahaya’, sebab tampilan kurma ini memang berwarna cerah dan agak transparan. Kurma deglet noor berbentuk lonjong, agak kering, dan memiliki rasa sedikit mirip madu namun tidak manis menggigit.

 

Kurma deglet noor memiliki nilai ekspor tertinggi dibanding kurma jenis lain menurut Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO). Meski pertama kali ditanam di Aljazair, Tunisia lah produsen kurma deglet noor terbesar di dunia.

 

Khalasah

kurma khalasah

 

Kurma ini dikenal juga dengan sebutan ‘khlas’ atau ‘khalas’. Jenis kurma yang banyak dipanen di Arab Saudi ini memiliki daging buah yang lembap dan lengket serta rasa seperti mentega-karamel. Ukurannya sedang dan memiliki warna cokelat kemerahan.

 

Khenaizi

kurma khenaizi

 

Kurma khenaizi ditanam di Uni Emirat Arab. Teksturnya lembut dan basah, manisnya sedang, dan berukuran medium dengan warna cokelat gelap.

 

Lulu

kurma lulu

 

Sekilas kurma lulu mirip kurma nabi karena agak bulat dan memiliki warna gelap. Namun, ukuran kurma lulu lebih kecil dan tidak memiliki garis di permukaannya. Kurma ini berasal dari Uni Emirat Arab.

 

Medjool

kurma medjool

 

Kalau kamu pernah melihat kurma berukuran besar-besar di pasar swalayan, bisa jadi itu kurma medjool. Kurma ini berasal dari Maroko, tapi juga ditanam di Amerika Serikat, Israel, Arab Saudi, Afrika Selatan, Yordania, dan Palestina. Warnanya cokelat kemerahan. Rasanya manis sedang, berserat, dan berdaging lembap.

 

Sukkary

kurma sukkary

 

Sukkary dalam Bahasa Arab berarti sugary atau manis seperti gula. Kurma asal Qassim, Arab Saudi ini tergolong paling manis dan lembut dibanding jenis kurma lain. Teksturnya seperti meleleh di mulut, lembap, creamy, dan memiliki rasa seperti karamel. Warna buahnya keemasan. Kurma yang banyak difavoritkan di seluruh dunia ini memiliki harga mahal.

 

Sebenarnya masih banyak jenis kurma lain, namun kira-kira inilah jenis kurma yang tersedia di pasaran Indonesia. Kamu sudah mencoba jenis kurma yang mana, Berrykitcheners?

 

Foto: https://www.organicfacts.net

 

Kata Kunci: 7 Jenis Kurma di Pasaran Indonesia
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup