facebook

7 Cokelat Termahal di Dunia

Jumat, 06 July 2018 - 02:58:24 WIB
Diposting oleh : Berry
7 Cokelat Termahal di Dunia

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > 7 Cokelat Termahal di Dunia

Cokelat memang bisa dibeli dengan harga terjangkau. Namun, kalau bahan yang digunakan premium, murni tanpa campuran yang sebenarnya tidak perlu, dibuat dengan keahlian khusus, serta melalui proses yang panjang dan rumit, cokelat bisa jadi berharga sangat mahal.

 

Cek saja daftar cokelat termahal di dunia di bawah ini. Kamu akan tercengang melihat harganya!

 

Cadbury Bersejarah

Guinness World Record mencatat bahwa cokelat bernilai tertinggi di dunia jatuh pada cokelat Cadbury. Lho, kok? Bukan sembarang cokelat Cadbury, cokelat ini dibawa oleh Captain Robert Scott dari angkatan laut Inggris saat melakukan ekspedisi ke Antartika. Saat dilelang pada 2001, cokelat yang waktu itu sudah berumur 100 tahun ini terjual dengan harga GBP 470 (hampir Rp 9 juta).

 

Cokelat Kelinci Paskah Termahal

Cokelat berbentuk kelinci banyak tersedia saat Paskah. Namun, cokelat kelinci buatan perusahaan Very First To bikin geger pada 2016 karena dijual seharga USD 49.000 (Rp 704,7 juta). Dibuat oleh satu-satunya pastry chef pemenang European Pastry Cup dua kali, si kelinci setinggi 38 cm menghabiskan waktu produksi 2 hari dan 16 jam.

 

Bahan pembuatnya adalah biji kakao 75% yang berasal dari Tanzania. Mata kelincipun terbuat dari dua buah berlian. Pantas saja harganya selangit!

 

Cokelat Wispa Gold Lapis Emas

Cokelat Wispa Gold dari brand Cadbury sempat berhenti diproduksi selama enam tahun sebelum akhirnya dijual kembali pada 2009. Untuk merayakannya, Cadbury meminta anggota band Inggris Spandau Ballet yang terkenal akan lagu ‘Gold’nya, Tony Hadley, untuk mengantarkan Wispa Gold edisi khusus seharga GBP 961,48 (Rp 18,3 juta) ke toko Selfridges di Inggris.

 

Selain karena diantarkan oleh artis, cokelat tersebut mahal karena berlapis lembaran emas. Di luar event ini, cokelat tersebut dijual dengan harga terjangkau, kok, yakni 55 pence (Rp 10.500).

 

Frrrozen Haute Chocolate

frrrozen haute chocolate

 

Restoran Serendipity 3 di Amerika Serikat mengalahkan rekornya sendiri terkait dessert termahal di dunia. Setelah membuat Golden Opulence Sundae seharga USD 1.000 (Rp 14,37 juta) di tahun 2004, restoran tersebut menghadirkan Frrrozen Haute Chocolate seharga USD 25.000 (Rp 359 juta)!

 

Bagaimana tidak mahal? Sundae ini terbuat dari campuran 28 kakao, 14 di antaranya merupakan yang termahal di dunia. Bekerja sama dengan toko perhiasan mewah Euphoria New York, dessert tersebut dihiasi 5 gram lembaran emas 23 karat yang aman dikonsumsi dan disajikan di gelas berlapis emas yang dapat dimakan.

 

Kalau membeli es krim ini, kamu bisa membawa pulang gelang emas 18 karat berhias berlian putih 1 karat yang diletakkan di dasar gelas tersebut. Begitu pula dengan sendok emas yang dihiasi berlian berwarna putih dan cokelat.

 

Golden Speckled Egg

Pada 2012, William Curley dan timnya memecahkan rekor dengan membuat cokelat telur tanpa permata termahal yang pernah dijual di lelang. Cokelat bernama Golden Speckled Egg tersebut laku terjual dengan nilai GBP 7.000 (Rp 133,1 juta) pada 2012. Bahan yang membuatnya mahal di antaranya cokelat Amedei serta lembaran emas yang bisa dimakan. Butuh tiga hari untuk membuat cokelat telur raksasa ini.

 

La Madeline au Truffe

Pada 2012, Fritz Knipschildt dari Denmark menciptakan cokelat satuan termahal di dunia dengan harga USD 250 (hampir Rp 3,6 juta) per buah atau USD 2.600 (Rp 37,36 juta) per 0,45 kg (sekitar Rp 75 juta per kg). Cokelat truffle ini terbuat dari jamur truffle hitam langka asal Prancis, Perigord, yang ‘dibungkus’ ganache yang mengandung minyak truffle lalu dilapisi dark chocolate Valrhona 70% dan kakao bubuk.

 

To’ak

Rekor cokelat batangan murni termahal di dunia tampaknya dipegang oleh To’ak. Cokelat ukuran 50 gram ini dijual dengan harga USD 260 (Rp 3, 7 juta). To’ak dikemas dalam kotak kayu, dilengkapi buklet setebal 116 halaman, serta dilengkapi pinset kayu untuk mengambil cokelat agar minyak di tangan kita tidak mengganggu rasa cokelat. Bahan bakunya hanya dua: kakao dan gula tebu.

 

Hal ini tampaknya cukup beralasan, mengingat biji kakao yang digunakan berasal dari pohon-pohon kakao Arriba berumur sekitar 100 tahun yang berhasil selamat dari wabah penyakit. Pohon kakao di Ekuador ini menghasilkan biji-biji kakao terbaik di dunia.

 

Proses fermentasi yang memakan waktu dan sering dilewatkan oleh produsen cokelat dilanjutkan dengan pengeringan, pemanggangan, pengupasan, dan penggilingan biji kakao yang dilakukan dengan tangan. Butuh waktu dua tahun untuk memproduksi sebanyak 574 batang. Cokelat ini dirilis pada 2016.

 

Daripada pusing melihat harga-harga cokelat yang fantastis tadi, Berrykitchen punya ‘cokelat’ yang lebih tinggi serat dan dijual dengan harga terjangkau. Coba, deh, Overnight Oats Choco Peanut Butter yang enak dinikmati dingin dan ditawarkan dengan harga Rp 45.000 saja!

 

Foto: http://philippines.liketimes.me

 

Kata Kunci: 7 Cokelat Termahal di Dunia
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup