facebook

7 Atlet Terbaik Indonesia

Jumat, 24 August 2018 - 02:45:45 WIB
Diposting oleh : Berry
7 Atlet Terbaik Indonesia

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > 7 Atlet Terbaik Indonesia

Indonesia memiliki banyak sumber daya manusia berprestasi, termasuk di bidang olahraga. Tak sedikit atlet Indonesia yang memiliki posisi membanggakan di ajang internasional, di antaranya para legenda olahraga berikut ini. Rasanya mereka pantas disebut sebagai tujuh atlet terbaik Indonesia sepanjang masa.

 

Bambang Pamungkas

bambang pamungkas

Di usianya yang 38 tahun, Bambang Pamungkas seharusnya sudah lama pensiun sebagai pesepakbola. Namun, keahlian pria yang akrab disapa Bepe ini membuatnya tetap bermain di Indonesia Super League sampai sekarang. Sebagai striker, ia sudah 86 kali tampil di kancah internasional mewakili Indonesia dan menorehkan 38 gol.

 

Delapan gol yang dihasilkannya pada South East Asian Championship 2002 membuat Bepe tercatat sebagai top scorer. Meski beberapa kali pindah ke klub sepakbola luar negeri seperti EHC Norad Belanda, Selangor FA Malaysia, dan mendapat tawaran dari Derby County, Bepe pada akhirnya kembali ke Persija Jakarta yang menjadi tempat berkarier pertamanya.

 

Bepe dinobatkan sebagai ikon sepakbola Asia oleh AFC. Ia juga aktif menjadi pengurus Asosiasi Pemain Sepakbola Profesional Indonesia (APPI). Bepe berencana gantung sepatu tahun ini.

 

Chris John

chris john

Memiliki nama panjang Yohannes Christian John, Chris belajar tinju sejak umur lima tahun dengan arahan dari sang ayah yang berprofesi sebagai petinju amatir. Pria kelahiran 14 September 1979 ini mulai menjadi petinju profesional pada tahun 1997.

 

Tujuh tahun kemudian, ia menjadi pemegang gelar Juara Dunia Kelas Bulu World Boxing Association selama 10 tahun, periode terpanjang kedua dalam sejarah divisi tersebut.

 

Dalam catatan kariernya, ia menang 48 kali (22 di antaranya knockout), satu kali kalah, dan tiga kali imbang. Ternyata tak hanya jadi jagoan tinju, Chris juga pernah memenangkan medali emas wushu saat mewakili Indonesia di SEA Games 1997. Sekarang Chris terjun ke dunia politik dan akan mencalonkan diri sebagai anggota DPR 2019 dari partai Nasional Demokrat.

 

Lisa Rumbewas

lisa rumbewas

Raema Lisa Rumbewas menjadi peraih medali angkat besi pertama Indonesia setelah menjadi juara kedua di kelas 48 kg di Olimpiade 2000. Ia kembali memperoleh medali perak di Olimpiade 2004 di kelas 53 kg dan World Weightlifting Championships 2006.

 

Perempuan yang lahir pada 10 September 1980 ini mendapat medali perunggu pada Olimpiade 2008. Medali emas pertamanya ia raih saat berkompetisi di kelas 58 kg di SEA Games 2009.

 

Richard Sam Bera

richard sam bera

Pria yang lahir pada 19 Desember 1971 ini sudah bertanding di Olimpiade 1988 sejak umur 16 tahun. Setahun kemudian, ia memperoleh medali emas pertamanya lewat cabang renang gaya bebas 100 meter di SEA Games 1989. Richardpun terus mengumpulkan medali emas di ajang tersebut.

 

Penampilan SEA Games terakhirnya adalah di tahun 2005 dengan raihan dua medali emas, dua perak, dan satu perunggu. Total medali emas SEA Games yang ia dapatkan dari berbagai nomor selama 1989-2005 adalah 23 medali. Ini belum termasuk medali perak di kejuaraan renang dunia dan medali perunggu di Asian Games.

 

Setelah pensiun, pria dengan tinggi 183 cm ini menjadi atlet serta presenter olahraga dan redaktur majalah olahraga.

 

Rudy Hartono

rudy hartono

Jauh sebelum Alan Budikusuma memenangkan medali emas pada Olimpiade 1992, Rudy Hartono Kurniawan sebenarnya sudah lebih dulu menjadi juara bulutangkis di Olimpiade 1972. Sayang, saat itu badminton adalah olahraga demonstrasi sehingga medali yang Rudy dapat tidak dihitung secara resmi.

 

Terlepas dari itu, Rudy pernah menduduki tahta All-England Championships selama delapan kali, dan tujuh kalinya secara berturut-turut. Namanyapun tercatat di Guinness Book of World Records pada tahun 1982. Ia juga tak terkalahkan di World Championship 1980 yang pertama kali dia ikuti.

 

Sebagai bentuk apresiasi, Museum Madame Tussauds membuatkan patung lilin untuknya. Sekarang pria kelahiran 18 Agustus 1949 ini menyalurkan keahliannya di federasi bulutangkis nasional dan internasional serta menjadi UN Goodwill Ambassador untuk Indonesia.

 

Susi Susanti

susi susanti

Susi Susanti adalah peraih medali emas Olimpiade pertama untuk Indonesia setelah memenangkan pertandingan bulutangkis tunggal putri pada Olimpiade 1992 di Barcelona. Sejam setelahnya, Alan Budikusuma yang kelak menjadi suaminya menjadi peraih medali emas Olimpiade kedua setelah memenangkan kategori tunggal putra.

 

Perempuan kelahiran 11 Februari 1971 ini adalah pebulutangkis wanita terbaik dunia di paruh pertama tahun 1990-an. Ia tak tertandingi di All-England, Japanese Open, dan World Badminton Grand Prix kala itu. Karena prestasinya, nama Susi tercatat di International Badminton Federation Hall of Fame pada 2004.

 

Susi pensiun dari ajang internasional tak lama setelah menikah dengan Alan pada Februari 1997. Ia dan suaminya kini memiliki sekolah bulutangkis dan menjadi produsen alat olahraga.

 

Yayuk Basuki

yayuk basuki

Pada tahun 1991, Yayuk menjadi atlet Indonesia pertama yang memenangkan ajang tenis profesional besar setelah menjuarai kategori tunggal di Thailand Open. Selama kariernya, ia pernah memegang titel World Tennis Association Tour selama enam kali.

 

Performa Grand Slam tunggal terbaiknya adalah mencapai perempat final di Wimbledon 1997. Selama 1988-2000, ia empat kali berpartisipasi di Olimpiade. Medali emas ia peroleh di Asian Games 1998. Wanita kelahiran 30 November 1970 ini memutuskan pensiun di kategori tunggal pada tahun 2000, namun tetap bermain ganda sampai 2013.

 

Sekarang, Yayuk sibuk menjadi anggota legislatif DPR RI periode 2014-2019 dari Partai Amanat Nasional (PAN). Ia juga menjadi pelatih, komentator tenis di TV dan media cetak, serta konsultan untuk menteri olahraga.

 

Sebenarnya masih banyak olahragawan dan olahragawati Indonesia yang memiliki prestasi yang tak kalah cemerlang. Namun, daftarnya akan jadi terlalu panjang jika seluruh nama dimuat. Indonesia bangga memiliki putra-putri yang mengharumkan nama bangsa seperti mereka!

 

Kamu juga tertarik menjadi atlet? Cold Press Juice Energizer cocok untuk memulai harimu agar lebih bersemangat saat berlatih olahraga. Campuran wortel, jeruk, dan bitnya menyegarkan. Coba, deh!

 

Kata Kunci: 7 Atlet Terbaik Indonesia
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup