facebook

6 Makanan Indonesia yang Mendunia

Kamis, 16 August 2018 - 03:07:35 WIB
Diposting oleh : Berry
6 Makanan Indonesia yang Mendunia

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > 6 Makanan Indonesia yang Mendunia

Tahukah kamu bahwa makanan Indonesia adalah salah satu kuliner yang paling beragam di dunia? Hal ini bukan hal yang mengejutkan mengingat Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang dihuni oleh lebih dari 300 grup etnis. Konon, negara kita tercinta memiliki lebih dari 5.000 resep tradisional!

 

Kuliner Indonesia mendapat pengaruh dari budaya lokal dan asing. Jika kita perhatikan, hidangan Sumatera memiliki nuansa Timur Tengah dan India. Kuliner Jawa kebanyakan asli pribumi dengan beberapa sentuhan pengaruh Tiongkok. Sementara itu, sajian di bagian timur Indonesia mirip dengan makanan Polinesia dan Melanesia.

 

Dari sekian banyak makanan Indonesia, ada setidaknya enam hidangan yang sudah terkenal di dunia dan bahkan jadi favorit orang-orang asing yang pernah mencobanya. Apakah salah satunya makanan favoritmu, Berrykitcheners?

 

Gado-gado

gado-gado

Hidangan asal Betawi yang punya versinya sendiri di Surabaya ini bisa disebut sebagai saladnya Indonesia. Sayuran seperti kol, kacang panjang, tauge, dan sebagainya direbus dan ditambahi sumber protein seperti tahu dan tempe goreng serta kadang-kadang telur rebus.

 

Semuanya lalu diaduk dengan bumbu kacang dan disajikan dengan taburan bawang goreng dan kerupuk. Agar lebih kenyang, gado-gado dinikmati bersama lontong, ketupat, atau nasi. Duh, jadi lapar, ya?

 

Gado-gado dipilih Kementerian Pariwisata sebagai salah satu dari lima makanan nasional Indonesia karena banyak pertimbangan, salah satunya mudah ditemukan di restoran Indonesia di luar negeri.

 

Laksa

laksa

Laksa sebenarnya bukan makanan khas Indonesia saja, tapi lebih ke hidangan Peranakan yang juga populer di Malaysia, Singapura, dan Thailand. Di Indonesia, laksa lebih banyak menggunakan kuah kari berbahan santan, meski ada juga yang berkuah asam tanpa santan atau kombinasi santan dan asam.

 

Laksa berada di posisi 44 dari 50 makanan terbaik di dunia versi pembaca CNN. Pemeringkatan ini berdasarkan 35.000 vote di Facebook poll pada tahun 2011.

 

Sate

sate ponorogo

Makanan asal Jawa ini tak hanya jadi favorit orang Indonesia, tapi juga orang asing. Di World’s 50 Best Foods pilihan pembaca CNN, sate berada di peringkat 14. Makanan ini juga masuk dalam daftar lima makanan nasional Indonesia.

 

Daging ayam, kambing, sapi, atau bahan lainnya dipotong kecil-kecil, dibumbui, dan ditusukkan ke stik kayu, lalu dibakar. Ada yang diberi saus atau sambal pelengkap, ada pula yang dinikmati begitu saja. Makin mantap dimakan bersama nasi putih, lontong, atau ketupat.

 

Sate tersedia mulai dari pinggir jalan sampai restoran berbintang. Banyaknya variasi sate membuktikan bahwa sajian yang dibakar ini populer di seantero Indonesia, dan juga di dunia.

 

Soto

 

soto ayam

Tak kalah populer dari sate adalah soto. Makanan berbahan kuah kaldu, daging, dan sayuran ini disebut juga sebagai sup tradisional Indonesia. Teksturnya yang lembut dan penyajiannya yang hangat membuat hidangan ini tergolong comfort food.

 

Berbagai daerah di Indonesia memiliki soto versinya sendiri dengan bahan utama berupa daging ayam, daging sapi, atau jeroan. Ada yang menggunakan santan, ada pula yang bening.

 

Soto bisa didapatkan di warung sampai restoran Indonesia kelas atas. Makanan inipun termasuk salah satu dari lima makanan nasional Indonesia yang diperkenalkan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya April lalu.

 

Nasi goreng

nasi goreng

Nasi goreng awalnya dimaksudkan sebagai ‘langkah penyelamatan’ nasi yang hendak dibuang. Setelah dimasak dengan campuran berbagai bahan dan bumbu, nasi jadi hangat dan lebih enak disantap. Makanan ini biasanya dinikmati sebagai hidangan sarapan.

 

Tak hanya termasuk dalam daftar lima makanan nasional Indonesia, nasi goreng juga menempati nomor dua di World’s 50 Best Foods pilihan pembaca CNN, mengalahkan nasi goreng Thailand yang ‘hanya’ berada di posisi 24.

 

Ya, nasi goreng sebenarnya juga ada di negara-negara lain, tapi nasi goreng Indonesia memiliki cita rasa yang khas karena menggunakan kecap manis dan terasi.

 

Rendang

rendang

Ini dia makanan Indonesia yang disebut-sebut paling populer di dunia: rendang. Tak hanya dijadikan salah satu makanan nasional Indonesia, rendang juga digadang-gadang sebagai makanan terbaik di dunia oleh pembaca CNN.

 

Selain itu, dari empat makanan Indonesia (rendang, nasi goreng, sate, laksa) yang masuk daftar tadi di tahun 2011, hanya rendang yang tersisa di daftar World’s Best Food versi redaksi CNN di 2018 dan berada di peringkat 11.

 

Makanan khas Minangkabau ini memang istimewa. Daging sapi (atau bahan lainnya) dimasak dengan santan dan berbagai rempah selama berjam-jam sehingga menghasilkan hidangan yang agak pedas dan kaya bumbu. Rendang juga bisa dijadikan stok lauk karena tahan lama.

 

Selain enam makanan tadi, masih banyak makanan Indonesia yang populer di dunia. Kira-kira apa saja, Berrykitcheners?

 

Foto: Jilly Cheung/Asia One/AP Photos

 

Kata Kunci: 6 Makanan Indonesia yang Mendunia
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup