facebook

6 Jenis E-commerce Indonesia

Selasa, 14 November 2017 - 12:10:52 WIB
Diposting oleh : Berry
6 Jenis E-commerce Indonesia

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > 6 Jenis E-commerce Indonesia

Hai Berrykitcheners! Setuju nggak sih, keberadaan teknologi harus memudahkan hidup kamu? Yap. Teknologi memungkinkan kamu bisa membeli hampir semua barang yang kamu lihat di layar komputermu hanya dengan mengklik barang yang kamu inginkan. Dengan kemudahan yang ditawarkan, beberapa tahun ini pun e-commerce jadi semakin marak di Indonesia dengan menawarkan beragam produk dan fasilitas berbeda. Apa saja jenis e-commerce yang ada di Indonesia? Simak yuk!

 

1. Maketplace

dddq

 

E-commerce ini hadir sebagai solusi dari masalah jual beli online yaitu penipuan yang bekedok online shop. Keadaan dimana kamu telah mentransfer sejumlah uang namun barang yang dipesan tidak kunjung datang, si penjual pun bisa menghilang begitu saja. E-commerce marketplace hadir untuk memfasilitasi penjual dan pembeli. Mereka memiliki sistem pembayaran sendiri atau escrow. Sistem tersebut berupa pembeli akan mentransfer sejumlah uang pada rekening marketplace, uang akan dikirim ke penjual apabila barang telah sampai kepada penerima.

 

2. Business to customer

xsqw

 

Beberapa e-commerce menyediakan langsung barang atau jasa yang mereka jual pada pelanggan. Jadi, barang atau jasa yang dijual dalam situs tersebut sepenuhnya milik situs itu sendiri, sehingga untung dan rugi dari penjualan dalam situs ditanggung oleh pemilik situs. Kelebihan bisnis ini, dapat memastikan kualitas dari barang yang dijual, mendesain dan mengatur sendiri website mereka, dan berpotensi dilirik investor untuk menanamkan modalnya pada website mereka.

 

3. Shopping mall

dsq

 

Model e-commerce ini mirip dengan marketplace. Namun, shopping mall hanya menyediakan penjual dari brand ternama yang telah melalui proses verifikasi yang sangat ketat. Model usaha ini cocok untuk pengusaha situs yang memiliki modal besar dan sistem verifikasi yang memadai. Jaringan yang kuat juga dibutuhkan agar brand-brand ternama mau bergabung dalam situs mereka. Sistem pembayarannya pun menggunakan escrow yang berarti uang ditransfer terlebih dulu pada situs tersebut, uang akan dikirim pada penjual apabila barang sudah diterima oleh pembeli.

 

4. Toko media sosial

xs

 

Maraknya transaksi jual beli online nggak hanya bisa dinikmati oleh kaum pengusaha website kok. Justru dengan banyaknya pengguna sosial media dilihat menjadi peluang usaha tersendiri bagi sejumlah orang untuk memasarkan produknya melalui media sosial. Jika belum memiliki modal yang cukup dan sistem teknologi memadai, kamu bisa mulai berjualan online melalui akun toko di media sosial.

 

5. Jasa aplikasi smartphone

dewd

 

Berrykitcheners, pernah nggak sih kamu menggunakan aplikasi di smartphonemu untuk membeli sesuatu? Dengan didukung berbagai fitur, kapasitas dan internet smartphone, e-commerce pun dapat menjamah telepon selular para penggunanya. Biasanya, pengusaha e-commerce ini menjual produk atau jasanya secara offline melalui aplikasi sebagai sarana pemasaran. E-commerce ini memungkinkan kamu untuk memesan makanan, ojek, atau jasa lainnya melalui aplikasi.

 

6. Classified

ddq

 

E-commerce jenis ini merupakan e-commerce yang paling sederhanda karena hanya menyediakan layanan berupa iklan baris. Di sini, pemilik situs tidak terlibat dalam transaksi jual-beli, sehingga pembayaran biasa dilakukan dengan metode COD atau cash on delivery. Situs ini biasanya diperuntukkan bagi kamu yang ingin menjual barang dengan stok sedikit atau barang bekas.

 

Dengan perkiraan sebanyak 112 juta pengakses internet pada tahun 2017, Indonesia berhasil menduduki peringkat ke-6 sebagai negara pengakses internet terbesar di dunia. Jumlah tersebut pun dilihat sebagai peluang besar oleh pengusaha e-commerce tanah air. Tertarik mengambil bagian? Sampai bertemu di postingan selanjutnya ya!

Kata Kunci: 6 Jenis E-commerce Indonesia
Bagikan ke teman Kamu