facebook

6 Emoji yang Sering Disalahartikan

Kamis, 12 July 2018 - 23:47:00 WIB
Diposting oleh : Berry
6 Emoji yang Sering Disalahartikan

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > 6 Emoji yang Sering Disalahartikan

Berawal dari handphone buatan Jepang produksi tahun 1999, emoji semakin populer di seluruh dunia pada tahun 2010-an dan dianggap sebagai bagian dari budaya populer. Emoji marak digunakan pada percakapan teks informal. Namun, ternyata ada beberapa emoji yang sering disalahartikan.

 

Perbedaan Emoji, Emoticon, Smiley, dan Sticker

 

Emoji berasal dari Bahasa Jepang yakni ‘e’ (gambar) dan ‘moji’ (karakter). Kebetulan katanya mirip dengan ‘emotion’ dan ‘emoticon’ dalam Bahasa Inggris. Bicara tentang emoticon, sebenarnya emoji dan emoticon – serta smiley dan sticker – berbeda, lho. Meskipun demikian, pada dasarnya keempat hal tersebut digunakan di komunikasi siber berbasis teks yang bersifat informal.

 

Smiley adalah representasi wajah orang sedang tersenyum. Biasanya smiley berbentuk lingkaran kuning dengan dua titik yang mewakili mata dan satu garis melengkung yang menggambarkan senyum. Ada pula smiley dengan wajah merengut, yakni garisnya melengkung ke bawah. Namun, ‘smiley’ kadang digunakan sebagai istilah umum untuk emoticon.

 

Sebelum ada teknologi chat online, kamu mungkin pernah menambahkan :-) di akhir kalimat saat mengirim SMS ke temanmu. Inilah yang disebut emoticon, singkatan dari ‘emotion’ dan ‘icon’. Emoticon juga merupakan penggambaran ekspresi wajah, tapi menggunakan karakter teks seperti tanda baca, angka, dan huruf.

 

Emoticon biasanya ditulis dari kiri ke kanan. Contohnya :( (sedih), ;) (berkedip), dan :-p (menjulurkan lidah). Ada pula ‘kaomoji’, emoticon dari Jepang yang bisa dipahami tanpa harus memiringkan kepala seperti emoticon konvensional. Contoh kaomoji di antaranya (T_T) (menangis) dan (-_-;) (berkeringat).

 

Bagaimana dengan emoji? Emoji mirip emoticon karena sama-sama menggambarkan ekspresi wajah, tapi emoji menggunakan gambar dan bukan karakter teks.

 

Ada berbagai macam jenis emoji. Selain ekspresi wajah seperti smiley, ada juga emoji bentuk benda, tempat, cuaca, hewan, makanan seperti apel, dan sebagainya. Jenis emoji semakin banyak, salah satunya dengan penambahan kombinasi gender serta warna kulit. Gambarnya bisa berbeda-beda antar platform.

 

Sticker bisa dibilang sebagai yang terbaru di antara yang sudah disebut tadi. Sticker seperti gabungan kartun dan emoji. Jenisnya lebih banyak dan bisa lebih detail daripada emoji karena sticker dapat menunjukkan bahasa tubuh dengan reaksi wajah, bahkan juga bisa bergerak dan mengeluarkan suara.

 

Sticker dipelopori oleh LINE lalu disusul Path dan Facebook. Namun, tak seperti emoji dan emoticon, sticker tidak dapat di-copy paste atau digunakan di luar platform penyedianya.

 

Jenis Emoji yang Paling Sering Salah Digunakan

 

Kembali ke emoji, Unicode Consortium yang bertanggung jawab mengatur standar emoji mengatakan bahwa makna emoji bisa berbeda, tergantung bahasa, budaya, dan konteks. Contohnya adalah emoji-emoji berikut ini:

 

1. Perempuan dengan Satu Tangan Menengadah

information desk person

Nama resmi: Information Desk Person

Sering dianggap: wanita centil yang mengibaskan rambut dengan tangannya

Arti sebenarnya: pekerja bagian informasi yang siap membantu

 

2. Wajah Mendengus

 face with steam from nose emoji

Nama resmi: Face with Steam from Nose

Sering dianggap: marah besar

Arti sebenarnya: ekspresi kemenangan, bangga dan terkesan meremehkan

 

3. Wajah dengan Alis Naik dan Mulut Membentuk Huruf O

 hushed face emoji

Nama resmi: Hushed Face

Sering dianggap: wajah yang agak kaget

Arti sebenarnya: ekspresi menyuruh diam, “sssttt…”

 

4. Dua Tangan Mengatup

person with folded hands emoji

Nama resmi: Person with Folded Hands

Sering dianggap: berdoa, tos, memohon

Arti sebenarnya: tolong, minta maaf, terima kasih (dalam budaya Jepang)

 

5. Tangan Melipat dengan Telunjuk dan Kelingking Teracung

sign of the horns emoji

Nama resmi: Sign of The Horns

Sering dianggap: lambang ‘rock’

Arti sebenarnya: melambangkan tanduk

 

6. Tangan Melipat dengan Telunjuk dan Jari Tengah Teracung

victory hand

Nama resmi: Victory Hand

Sering dianggap: peace, melambangkan ‘dua’

Arti sebenarnya: lambang kemenangan

 

Sekarang sudah tahu, kan, makna asli dari emoji-emoji di atas? Jangan salah pakai lagi, ya, untuk menghindari kesalahpahaman saat berkomunikasi. Kira-kira emoji apa lagi, ya, yang sering disalahartikan?

 

Foto: unicode.org

 

Kata Kunci: 6 Emoji yang Sering Disalahartikan
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup