facebook

5 Varietas Beras Lokal

Jumat, 19 May 2017 - 16:53:47 WIB
Diposting oleh : Berry
5 Varietas Beras Lokal

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > 5 Varietas Beras Lokal

Hai Berrykitcheners! Sejak dulu menjadi makanan pokok mayoritas masyarakat Indonesia dan kawasan Asia lainnya, kamu tentu akrab dengan nasi yang terbuat dari beras. Tidak hanya kualitas dan jenisnya, namun  beras ternyata memiliki beberapa varietas yang dikembangkan di negara agraris seperti Indonesia. Apa saja jenis beras yang dikembangkan di tanah air? Simak yuk!

 

1. Ramos

wefw

 

Beras ini merupakan beras jenis IR yang paling umum dan banyak digemari di Indonesia. Beras IR sendiri merupakan jenis varietas hasil peranakan padi peta Indonesia dan padi jenis lain dari Filipina. Bentuk dan teksturnya terasa pulen namun tidak lengket dan gurih ketika dimasak. Tampilan bulir beras panjang dan tidak beraroma pandan.

 

2. Pandan wangi

dew

 

Jika kamu sedang makan nasi dan merasakan aroma pandan menyeruak hangat di rongga hidungmu, maka itu artinya kamu sedang menikmati salah satu varietas beras yang terbaik di Indonesia. Pandan wangi. Beras pandan wangi adalah beras berkualitas tinggi dengan aroma pandan dan rasa pulen yang selaras. Beras yang berasal dari Cianjur ini juga memiliki ciri tampilan fisik bulat dan bukan panjang. Jika kamu menemukan beras aroma pandan yang menyengat namun rasanya tidak pulen dan tidak memiliki tampilan bulat, maka kamu patut curiga dengan beras tersebut. Sebab, beberapa beras bisa diberi pewangi. Sementara beras pandan wangi, memiliki wangi alami pandan dan bukan berasal dari pewangi buatan.

 

3. Bereum sengit

eqwq

 

Bereum sengit merupakan salah satu varietas beras lokal yang berasal dari Cianjur yang nyaris punah, sehingga harga jualnya pun menjadi realtif mahal. Bereum sengit juga dikenal dengan sebutan beras merah wangi. Ini karena saat dimasak, beras jenis ini mengeluarkan aroma yang begitu harum dan terasa lezat disantap. Bereum sengit juga diketahui kaya akan kandungan serat yang dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan perkembangan otak.

 

4. Menthik susu

we

 

Beras ini merupakan beras Jepang asal Magelang yang berbentung bulat lonjong dan gemuk. Sesuai namanya, beras ini juga memiliki warna putih susu. Sebagai salah satu jenis beras organic, menthik susu mengandung cukup nutrisi dan kaya akan mineral. Kandungan protein, karbohidrat, dan glukosanya mudah terurai, sehingga beras ini aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Nggak hanya itu, beras ini pun dapat membantu mencegah kanker, asam urat, jantung, vertigo dan darah tinggi.

 

5. Rojolele

eweew

 

Berpikir ini merupakan salah satu merk beras? Kini kamu tahu bila ini bukan salah satu merk beras, melainkan jenis varietas beras. Yap. Malang melintang di dunia industry beras Indonesia, rojo ele merupakan salah satu jenis beras lokal yang berasal dari Jawa Tengah. Beras ini memiliki bentuk memanjang dan berwarna putih cerah. Sekilas tampilannya mirip dengan beras IR, namun kualitasnya lebih tinggi dari beras IR. Beras ini pun terasa pulen dan wangi ketika dimasak. Tak heran bila beras ini pun jadi salah satu primadona beras Indonesia.

 

Membentang dari Sabang hingga Merauke, tanah subur negara khatulistiwa memiliki hasil bumi yang kaya. Tak heran, beras asli Indonesia pun memiliki banyak varietas. Sebagai negara agraris, di tahun 2016 Indonesia berasil mencapai swasembada beras setelah terakhir kali menyandang prestasi tersebut 32 tahun lalu. Jaga ketahanan pangan dengan mencintai produk dalam negeri yang tidak kalah dengan produk luar negeri, dengan mengonsumsi beras lokal yuk! Sampai bertemu di postingan selanjutnya, Berrykitcheners!

Kata Kunci: 5 Varietas Beras Lokal
Bagikan ke teman Kamu