facebook

5 Orang Terkaya di Asia

Kamis, 20 September 2018 - 03:34:53 WIB
Diposting oleh : Berry
5 Orang Terkaya di Asia

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > 5 Orang Terkaya di Asia

Film Crazy Rich Asians sukses membuat kita berkhayal menjadi orang super kaya yang memiliki harta melimpah. Meski diangkat dari novel fiksi, di kehidupan nyata memang ada orang-orang Asia yang memiliki kekayaan hingga puluhan miliar dolar.

 

Inilah orang-orang Asia dengan posisi tertinggi di daftar orang terkaya dunia Forbes. Data peringkat dan jumlah kekayaan berikut ini adalah versi real time pada 19 September 2018, sehingga angkanya bisa berubah sewaktu-waktu:

 

1. Mukesh Ambani

mukesh ambani

Usia: 61 tahun

Jabatan: Pendiri dan Chairman Reliance Industries Ltd.

Kekayaan: USD 46,6 miliar

Peringkat di dunia versi Forbes: 14

Pria bernama lengkap Mukesh Dhirubhai Ambani ini menjabat sebagai chairman, managing director, sekaligus pemilik saham terbesar dari Reliance Industries Limited (RIL). Perusahaan ini bergerak di bidang energi, petrokimia, tekstil, sumber daya alam, ritel, dan telekomunikasi. RIL masuk dalam daftar Fortune Global 500 serta merupakan perusahaan bernilai tertinggi di India.

 

Selama 10 tahun berturut-turut, Ambani tak tergeser dari posisi teratas orang terkaya di India. Mukesh tinggal bersama keluarganya di Mumbai di rumah termahal di dunia setinggi 27 lantai dengan nilai lebih dari USD 1 miliar. Mukesh juga diberi gelar Pemilik Tim Olahraga Terkaya di Dunia setelah membeli tim cricket Mumbai Indians senilai USD 111,9 juta di tahun 2008.

 

2. Hui Ka Yan (Xu Jiayin)

hui ka yan

Usia: 59 tahun                                                                                                                                                       

Jabatan: Chairman Evergrande Real Estate Group

Kekayaan: USD 37,6 miliar

Peringkat di dunia versi Forbes: 20

China Evergrande Group of Shenzhen adalah pengembang real estate terdaftar di Hong Kong yang aktif dalam properti hunian dan komersial. Perusahaan ini memiliki proyek real estate di lebih dari 200 kota di seluruh Tiongkok.

 

Evergrande juga memiliki sebagian besar saham di salah satu tim sepakbola Tiongkok yang paling sering jadi juara, sementara Alibaba Group mempunyai saham minoritas. Yan sering disebut sebagai Donald Trump dari Tiongkok.

 

3. Jack Ma

jack ma

Usia: 54 tahun

Jabatan: Pendiri dan Executive Chairman Alibaba Group

Kekayaan: USD 36,6 miliar

Peringkat di dunia versi Forbes: 21

Jack Ma adalah pendiri dan pemimpin Alibaba Group, salah satu bisnis e-commerce terbesar di dunia. Selain itu, Ma juga berinvestasi di firma industri hiburan Tiongkok Huayi Brothers serta Beijing Enlight Media. Ma terkenal sebagai orang yang dermawan.

 

Saat berkunjung ke Amerika Serikat di tahun 1995, otak bisnisnya mengatakan bahwa ia bisa memanfaatkan internet untuk membangun website yang membantu perusahaan-perusahaan Tiongkok membangun pasar business-to-business. Inilah ide awal dibangunnya Alibaba.

 

Ma adalah bukti nyata bahwa kegagalan merupakan kesuksesan yang tertunda. Ia pernah ditolak oleh Universitas Harvard dan menjadi satu-satunya pelamar yang tidak diterima di posisi manajer ketika KFC masuk ke Tiongkok.

 

4. Ma Huateng (Pony Ma)

ma huateng

Usia: 46 tahun

Jabatan: Chairman and CEO Tencent Holdings

Kekayaan: USD 36,3 miliar

Peringkat di dunia versi Forbes: 22

Tencent Holdings adalah raksasa internet Tiongkok yang disebut-sebut sebagai perusahaan bernilai tertinggi di Asia serta konglomerat investasi, game, dan hiburan terbesar di dunia. Salah satu produknya yang populer adalah aplikasi social messaging WeChat yang memiliki lebih dari 1 miliar pengguna.

 

Dibandingkan dengan Jack Ma yang lebih outgoing, Huateng cenderung memiliki gaya bisnis yang lebih low profile. Ia jarang tampil di media. Meski demikian, ia diketahui memiliki tempat tinggal mewah seluas 1.820 meter persegi di Hong Kong. Ia juga pernah mentransfer saham Tencent senilai USD 2 miliar ke yayasan amal miliknya.

 

5. Li Ka-shing

li ka-shing

Usia: 90 tahun

Jabatan: Chairman CK Hutchison Holdings

Kekayaan: USD 34,2 miliar

Peringkat di dunia versi Forbes: 25

Ka-shing memulai pekerjaan di perusahaan penjual plastik, kemudian mengembangkan usahanya ke real estate, pembangkit listrik, teknologi internet, serta saham di bank Tiongkok. Ia mendirikan CK Hutchison Holdings, perusahaan yang bergerak di bidang investasi dan properti yang memiliki 323.000 karyawan dan beroperasi di lebih dari 50 negara.

 

Bersama perusahaan pendanaan modal usahanya, Horizons Ventures, Ka-shing membantu pengembangan Facebook, Skype, dan Spotify. Ia juga memiliki AS Watson, peritel produk kesehatan dan kecantikan terbesar di dunia.

 

Meski menjadi orang terkaya di Tiongkok dan dunia, Ka-shing memilih hidup sederhana. Kekayaannya ia sumbangkan untuk membantu pengembangan bidang teknologi dan kesehatan.

 

Melihat fakta-fakta di atas mungkin membuatmu ternganga lebar dan membayangkan seperti apa rasanya menjadi orang terkaya di Asia. Menikmati salmon dan steak tentu sudah menjadi hal yang biasa bagi mereka.

 

Daripada terus berkhayal, lebih baik bekerja keras, yuk! Kalau kamu merasa lelah dan hampir menyerah, coba ingat kembali kisah Jack Ma dan tokoh besar lainnya. Semoga, sukses, ya, Berrykitcheners!

 

Foto: https://cdn.lifehack.org

 

Kata Kunci: 5 Orang Terkaya di Asia
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup