facebook

5 Orang Terberat di Dunia

Kamis, 17 January 2019 - 22:19:54 WIB
Diposting oleh : Berry
5 Orang Terberat di Dunia

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > 5 Orang Terberat di Dunia

Obesitas menurunkan kualitas hidup. Penyakit serius jadi mudah berdatangan. Saat berat badan turun banyak, kulitmupun jadi kendur dan bergelambir.

 

Belum lagi kamu jadi sulit bergerak karena otot-ototmu tak kuat menahan beban. Pasien yang menderita obesitas parah bahkan tidak bisa berdiri atau berjalan sama sekali, sehingga membutuhkan tenaga puluhan orang saat harus dibawa ke rumah sakit. Tak jarang, pintu harus dijebol agar pasien bisa lewat.

 

Di Indonesia ada kasus obesitas yang menghebohkan seperti Aria Permana, Rizki Rahmat Ramadhan, Yudi Hermanto, Selvia Dwi Susanti, dan yang terbaru Titi Wati. Namun, di negara-negara lain, ternyata ada beberapa orang yang berat badannya di atas 400 kilogram dan memiliki BMI ratusan, padahal BMI di atas 30 saja sudah tergolong obesitas.

 

Meski sempat menurunkan berat badan dalam jumlah banyak, sebagian besar belum sempat mencapai berat badan ideal karena meninggal dunia, yang penyebabnya juga penyakit akibat obesitas.

 

Inilah sebagian dari orang-orang terberat di dunia:

 

Jon Brower Minnoch

jon brower minnoch

 

Minnoch adalah manusia paling berat yang pernah tercatat dalam rekor. Bobot terberatnya mencapai 635 kilogram dengan tinggi badan 185 sentimeter (BMI 185,5), walau angka ini hanyalah perkiraan. Sebab, ukurannya yang luar biasa besar, kesehatan yang semakin memburuk, serta kurangnya mobilitas membuat Minnoch tidak dapat menggunakan timbangan.

 

Pria Amerika ini didiagnosis mengidap edema, yakni pembengkakan akibat kelebihan cairan yang terjebak di jaringan tubuh. Dokter yang menanganinya mengatakan bahwa lebih dari 400 kilogram dari berat tubuhnya adalah cairan. Setelah dirawat di rumah sakit selama 16 bulan, berat badannya turun sekitar 419 kg. Iapun memecahkan rekor lain, yakni penurunan berat badan terbanyak.

 

Karena edemanya sulit disembuhkan, Minnoch tidak melanjutkan perawatan. Saat meninggal dunia, berat badannya 362 kilogram (BMI 105,8)

 

Khalid bin Mohsen Shaari

khaled bin mohsen shaari

 

Shaari mungkin ‘hanya’ menjadi orang kedua terberat di dunia (berat badannya pernah mencapai 610 kilogram dengan tinggi 1,73 meter) setelah Minnoch. Namun, BMInya merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah, yakni 204. Iapun menjadi orang terberat yang masih hidup hingga saat ini.

 

Dengan bantuan Raja Abdullah, pria Saudi ini mendapat perawatan dan sukses menurunkan berat badannya. Laporan terakhir menyebutkan bahwa ia sudah menurunkan bobot sebanyak 542 kilogram. Sekarang, berat badannya 68 kilogram.

 

Walter Hudson

walter hudson

 

Pemegang Guinness World Record untuk pinggang terlebar di dunia ini memiliki lingkar pinggang 277 sentimeter saat beratnya mencapai puncak, yakni 543 kilogram (tinggi badan 178 sentimeter, BMI 171).

 

Makanan sehari-harinya terdiri dari dua boks sosis, setengah kilogram bacon, 12 butir telur, sepapan roti, empat hamburger, serta empat double cheeseburger. Tak hanya itu, ada pula lima porsi besar kentang goreng, tiga ham steak atau dua potong ayam, empat kentang panggang, empat ubi, cake berukuran besar, dan camilan lainnya. Ia juga meminum rata-rata tujuh liter soda setiap hari.

 

Pria Amerika ini meninggal dunia karena serangan jantung pada usia 47 tahun dengan berat badan 410 kilogram (BMI 129,4).

 

Carol Ann Yager

carol ann yager

 

Wanita terberat di dunia ini pernah mencapai bobot 544 kilogram dengan tinggi badan 170 sentimeter (BMI 188). Namun, ia juga tercatat pernah mengalami penurunan berat badan terbanyak tanpa operasi dalam waktu singkat, yakni 236 kilogram dalam tiga bulan. Ini berkat diet ketat 1.200 kalori yang ia jalani saat dirawat di rumah sakit.

 

Yager pernah mengatakan bahwa gangguan makan yang ia alami sejak kecil adalah pelampiasan dari pelecehan seksual yang dilakukan orang terdekatnya serta karena beberapa faktor lain. Perempuan asal Amerika Serikat ini meninggal di usia 34 tahun akibat gagal ginjal dengan berat badan 540 kilogram (BMI 187).

 

Rosalie Bradford

rosalie bradford

 

Berat badan Bradford naik karena hobi masak dan makannya. Ibu rumah tangga ini pernah mencoba beberapa jenis diet tapi tidak berhasil. Puncaknya, berat badannya mencapai 478 kilogram dengan tinggi 1,68 meter (BMI 169). Ia pernah memegang Guinness World Record sebagai wanita terberat di dunia sebelum dikalahkan Yager.

 

Bobot Bradford semakin bertambah karena ia harus istirahat total di rumah sakit ketika mengalami infeksi darah. Ia tidak dapat berpindah-pindah selama delapan tahun. Depresi dan frustrasi, ia mencoba bunuh diri dengan menenggak obat penghilang rasa sakit. Namun, karena bobotnya yang besar, pil tersebut hanya membuatnya tidur selama beberapa hari.

 

Bantuan para ahli sukses membuat berat badannya turun sebanyak 348 kilogram. Bradford meninggal dunia di usia 63 tahun.

 

Foto: https://www.gotoptens.com

 

Kata Kunci: 5 Orang Terberat di Dunia
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup