facebook

5 Kuliner Favorit Indonesia

Senin, 28 November 2016 - 14:39:45 WIB
Diposting oleh : Berry
5 Kuliner Favorit Indonesia

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > 5 Kuliner Favorit Indonesia

Hai Berrykitcheners! Apa kabar weekendmu? Bicara tentang weekend, menghabiskannya dengan berkumpul dan menyantap hidangan favoritmu memang sudah jadi agenda wajib yang harus diisi ya. Dari segudang hidangan favoritmu, pasti ada saja salah satunya yang merupakan makanan khas Indonesia. Apa saja kuliner daerah paling eksis di Indonesia? Yuk dicek!

 

1. Nasi padang

dewde

Tentu kamu sepakat jika kita menjadikan kuliner yang satu ini sebagai urutan nomor satu makanan daerah yang paling eksis di Indonesia. Nasi padang menggunakan nasi yang biasa dipadatkan dalam batok lalu disiram dengan kuah gulai, dilengkapi dengan berbagai lauk sedap yang bisa kamu pilih, sayur serta cabai hijau yang pasti bisa memuaskan lidah sekaligus perutmu. Saking enaknya, kamu pasti tahu kalau belakangan ini, salah satu warga Norwegia, Audun Kvitland RØstad menciptakan lagu tentang nasi padang yang menurutnya memiliki rasa baru yang sangat nikmat yang belum pernah ia coba sebelumnya. Mmm.. Nikmatnyo!

 

2. Nasi kuning

xasdsa

Satu lagi nasi yang masih bisa kamu temukan di beberapa sudut kota Jakarta. Penasaran kenapa nasi ini punya rasa yang enak banget? Ini karena nasi kuning dimasak dengan bumbu rempah-rempah, santan, serta kunyit yang membuat nasi menjadi berwarna kuning. Berasal dari Indonesia, nasi kuning memang kerap hadir di beberapa acara peresmian atau syukuran dalam wujud tumpeng. Hadirnya nasi kuning sendiri sebagai tumpeng bukanlah tanpa makna lho, Berrykitcheners. Nasi kuning digunakan untuk melambangkan gunung emas yang bermakna kekayaan, kemakmuran, dan moral yang luhur. Dalam penyajiannya, biasa nasi kuning disertai dengan daging ayam, ikan, perkedel, irisan telur dadar, bawang goreng, dan lauk lainnya yang cocok dimakan bersama nasi nikmat ini.

 

3. Sate

wdw

Jika negara lain punya sate-sate khas tersendiri, maka Indonesia punya aneka sate yang bisa jadi hampir semua jenisnya merupakan favoritmu. Sate padang, Madura atau sate taichan yang baru-baru ini ngehits di Jakarta? Semua berhasil memanjakan lidahmu. Masing-masing sate memiliki bumbu tersendiri yang menjadikan rasanya berbeda dari satu dengan yang lainnya. Menganut kebiasaan orang Indonesia yang selalu makan “berat”, sate pun kerap disajikan dengan lontong. Nikmati potongan daging bakar berbumbu dan lontong yang dicocol dengan bumbu sate. Sedap!

 

4. Bakso

asda

Makanan yang kerap mondar mandir di pikiran kita kalau hujan tiba. Berupa bola-bola daging yang disajikan dengan bihun atau mie, sayuran, dan kuah hangat yang terasa gurih di lidah. Siapa yang tidak cinta dengan makanan yang satu ini? Sama seperti makanan khas daerah yang lain, bakso tak jarang dapat kamu temukan di banyak sudut kota Jakarta.

 

5. Pempek

jbhjh

Apa yang terlintas dipikiranmu ketika nama makanan ini disebutkan? Rasa ikan yang gurih dan kuat dalam adonan pempek disantap dengan kuah cuka yang manis dan pedas, hidangan ini tentu menjadi favorit bagi banyak orang, tidak terkecuali kamu. Jika di Jakarta kamu cukup sulit menemukan pempek yang enak dan terasa ikannya, maka berbeda halnya jika kamu berkunjung ke Palembang. Sebagai kota asal pempek, kamu bisa menemukan pempek dijual bahkan di hampir setiap ruas jalan kota Palembang. Tidak seperti kota lainnya, di Palembang, seluruh pedagang makanan, baik restoran hingga kaki lima berlomba menjajakan kuliner yang satu ini.

 

Sesuai dengan selera lidah orang Indonesia, makanan khas di nusantara senantiasa dibuat dengan aneka bumbu rempah-rempah. Tak heran makanan-makanan yang dihasilkan pun terasa nikmat dan memiliki aroma yang selalu menggoda. Dari daftar makanan di atas, manakah yang paling mampu membuat perutmu lapar seketika?

Referensi: https://foodsoldier.com/

Kata Kunci: 5 Kuliner Favorit Indonesia
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup