facebook

5 Kopi Populer Asal Indonesia

Selasa, 01 August 2017 - 14:36:28 WIB
Diposting oleh : Berry
5 Kopi Populer Asal Indonesia

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > 5 Kopi Populer Asal Indonesia

Hai Berrykitcheners! Sebagai negara khatulistiwa, tanah Indonesia dikenal sebagai salah satu tanah subur di dunia. Tidak heran, Indonesia pun menduduki posisi negara ke-4 penghasil kopi terbesar di dunia yakni sebesar 660 juta kilogram. Nggak cuma menyumbang supply sebagian konsumsi kopi dunia, Indonesia pun turut menghasilkan aneka kopi yang terkenal di dunia. Apa saja kopi kebanggaan Indonesia tersebut? Berikut ulasannya!

 

1. Kopi luwak

dqdqw

 

Kerap digadang sebagai kopi termahal di dunia, kamu tentu pernah mendengar nama kopi ini.  Yes, sesuai namanya, kopi ini menggunakan hewan luwak dalam proses pembuatannya. Selama proses pembuatan, hewan luwak akan diberi makan biji kopi. Biji kopi yang tidak tercerna pun keluar dari tubuh luwak. Hmm.. Apa yang menyebabkan kopi ini mahal ya, Berrykitcheners? Kopi ini mahal karena luwak dikenal hanya mengonsumsi biji kopi terbaik, sehingga jumlahnya sangat sedikit. Perbandingannya, kopi luwak hanya dihasilkan 100-1000 kg saja dari total jumlah kopi berton-ton. Proses fermentasi alami dari enzim protealik yang ada dalam perut luwak memberi sejumlah manfaat seperti kafein dan kadar asam yang rendah. Sehingga kopi ini aman diminum oleh penderita sakit maag, diabetes, hingga jantung. Jika biji kopi berkualitas yang dihasilkan dari biji kopi biasa membutuhkan waktu fermentasi 5 – 8 tahun, maka fermentasi dalam perut luwak hanya membutuhkan waktu selama 8 – 12 jam. Kopi ini pun kerap dibanderol hingga mencapai Rp 200 ribu per cangkir!

 

2. Kopi Java

dwedw

 

Walau kopi bukan komoditas asli Indonesia, tanaman ini sudah dibawa oleh Belanda untuk dibudidayakan di Jawa sejak abad ke-17. Kopi pun melejit jadi minuman populer pada masa itu. Sejak saat itu pula, Jawa dikenal menjadi salah satu produsen kopi terbesar di dunia. Kopi ini pun memiliki karakter tersendiri yang membuatnya unggul antara lain beraroma hutan serta bercitarasa manis dan lembut. Karena sangat populer, kabarnya kata “Java” pun dijadikan logat slang bahasa Inggris untuk merujuk pada kopi. Well, now you know, right?

 

3. Kopi Kintamani

wqq

 

Sebagai pulau dewata, Bali tidak hanya menyimpan berbagai keindahan, pulau ini pun juga menghasilkan kuliner-kuliner lezat yang layak kamu cicipi. Nggak cuma kuliner, Bali pun menghasilkan salah  satu kopi populer, Kopi Kintamani. Uniknya, kopi ini memiliki sedikit aroma jeruk lho, Berrykitcheners. Ini karena Kopi Kintamani ditanam bersama aneka sayuran dan buah jeruk. Kopi ini memiliki kadar asam yang rendah, lembut dan tidak berat. Bahkan, kopi ini  telah mendapat sertifikasi geografis dari CIRAD, sebuah Pusat Kerja Sama dalam Penelitian Pertanian untuk Pembangunan Internasional, Perancis, sebagai kopi unik yang berasal dari Bali.

 

4. Kopi Toraja

wqq

 

Tana Toraja merupakan salah satu daerah penghasil kopi tersubur yang dimiliki Indonesia. Kendati kerap disebut memiliki cita rasa yang hampir sama dengan kopi Sumatera, Kopi Toraja memiliki ciri khas tersendiri. Kopi ini memiliki bentuk biji yang lebih kecil, lebih mengilap, dan licin pada kulit bijinya. Kopi Toraja pun memiliki tingkat dan cita rasa keasaman yang tinggi dan aroma khas earthy yang membuatnya unik dan banyak digemari.

 

5. Kopi Sumatera

dsd

 

Ditanam dalam kontur tanah dan ketinggian ideal, menjadikan Kopi Sumatera sebagai salah satu kopi terbaik dunia. Beberapa ahli kopi berpendapat, walau memiliki tekstur halus, cita rasa Kopi Sumatera berat dan beraroma tajam. Rasanya yang unik tercipta dari karakteristik aroma earthy, seperti tanah yang tersiram air hujan. Namun ketika menyeruputnya, aroma herbal pun akan menyeruak nikmat. Bahkan salah satu gerai kopi kenamaan dunia menyatakan, Kopi Sumatera merupakan kopi favorit di gerainya di seluruh dunia, termasuk menjadi kopi yang paling disukai di Inggris dan Amerika. Di gerai tersebut, Kopi Sumatera pun berhasil meraih penjualan tertinggi di dunia.

 

Terbentang dari Sabang sampai Merauke, Indonesia dikenal sebagai negara khatulistiwa yang memiliki tanah subur. Tidak diragukan sejak dulu bangsa Eropa bahkan sudah berlomba untuk menikmati hasil bumi Indonesia, termasuk kopi Indonesia yang digadang sebagai kopi terbaik dunia. Proud to be Indonesian!

Kata Kunci: 5 Kopi Populer Asal Indonesia
Bagikan ke teman Kamu