facebook

5 Fasilitas Khusus Perempuan

Rabu, 18 April 2018 - 12:48:19 WIB
Diposting oleh : Berry
5 Fasilitas Khusus Perempuan

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > 5 Fasilitas Khusus Perempuan

Dulu, kaum perempuan seringkali mengalami marginalisasi dalam hal kesempatan maupun fasilitas. Sebelum era Kartini, misalnya, banyak perempuan tidak bisa bersekolah seperti layaknya laki-laki.

 

Namun, pemikiran masyarakat kini semakin berkembang. Posisi perempuan sekarang sudah lebih setara dengan laki-laki di banyak bidang. Bahkan, wanita kini semakin diistimewakan dengan beberapa fasilitas umum yang hanya boleh dipergunakan perempuan. Apa saja?

 

1. Area Khusus Perempuan di TransJakarta dan Commuter Line

kereta khusus wanita

 

Commuter Line, layanan kereta rel listrik yang beroperasi di Jakarta dan sekitarnya, memiliki gerbong khusus perempuan yang terletak di kedua ujung rangkaian kereta. Inisiatif PT Kereta Api Indonesia yang diluncurkan pada Agustus 2010 ini dimaksudkan sebagai solusi tindak pelecehan seksual yang sering menimpa perempuan, terutama saat berdesakan di kereta.

transjakarta khusus wanita

 

Setahun kemudian, TransJakarta juga menerapkan area khusus perempuan di armadanya. Letaknya di bagian depan sampai tengah untuk bus reguler atau di bus depan untuk bus gandeng. Bahkan, bertepatan dengan Hari Kartini 2016, TransJakarta meluncurkan bus khusus wanita yang berwarna pink.

  

2. Ladies Parking

ladies parking

 

Beberapa pusat perbelanjaan di Jakarta dan di kota-kota lain memiliki ladies parking, yakni ruang parkir yang hanya boleh digunakan oleh pengemudi wanita. Area ini biasanya ditandai dengan warna merah muda, dekat dengan pintu masuk mal, dan memiliki jarak antar kendaraan yang lebih lebar. Konon, fasilitas ini dibuat karena perempuan dianggap kurang mahir menyetir dan parkir dibanding laki-laki.

 

3. Apartemen Khusus Wanita

apartemen khusus wanita

 

Bukan sekadar kos khusus wanita, di Depok, ada satu apartemen khusus perempuan. Di dalamnya terdapat berbagai fasilitas untuk memanjakan kaum Hawa seperti salon, pusat kebugaran, kolam renang, lounge, dan sebagainya. Apartemen ini menyasar mahasiswi sebagai target utamanya karena terletak dekat dengan sebuah universitas terkemuka.

 

4. Cuti Haid, Melahirkan, dan Keguguran

cuti

 

Kamu mungkin sudah tahu bahwa perempuan berhak memperoleh cuti melahirkan selama tiga bulan (beberapa perusahaan memberikan hak cuti melahirkan lebih lama dari ini).

 

Undang-undang Ketenagakerjaan mengatur bahwa cuti tersebut diambil 1,5 bulan sebelum dan 1,5 bulan setelah melahirkan, meski pada praktiknya banyak perusahaan membebaskan karyawatinya untuk mengatur waktu cuti mereka. Biasanya mereka mulai cuti mendekati waktu persalinan agar bisa merawat bayi mereka lebih lama.

 

Tahukah kamu, bahwa wanita memiliki dua hak cuti lain yang diatur UU Ketenagakerjaan, yakni cuti haid dan keguguran? Cuti haid bisa diambil pada hari pertama atau kedua menstruasi setiap bulannya. Hal ini bisa kamu manfaatkan jika merasa sakit saat datang bulan.

 

Sementara itu, cuti keguguran berlangsung selama 1,5 bulan. Waktu ini bisa digunakan untuk menghibur sang ibu yang baru mengalami keguguran serta untuk memulihkan kesehatannya sebelum melakukan program hamil lagi.

 

5. Ruang Menyusui

ruang laktasi 

 

Selain menstruasi, melahirkan, dan keguguran, hal lain yang hanya bisa dirasakan oleh perempuan adalah menyusui. Untuk mendukung program ASI eksklusif, pemerintah melalui UU Ketenagakerjaan sudah mengatur bahwa perusahaan harus memberi kesempatan bagi pekerja perempuan untuk menyusui atau memerah ASI di waktu kerja jika diperlukan.

 

Karena itu, ketersediaan ruang menyusui atau ruang laktasi yang layak harus diupayakan di setiap gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, dan fasilitas umum. Biasanya ruangan ini hanya boleh dimasuki perempuan, tapi di pusat perbelanjaan umumnya ruang menyusui juga dipakai untuk mengganti popok bayi, sehingga bisa dimasuki laki-laki.

 

Selain menyusui si kecil langsung, di ruang laktasi ibu juga bisa memerah ASI sambil menikmati camilan atau menonton film kesukaannya. Mood ibu yang bagus bisa membuat produksi ASI meningkat, lho!

  

Sebenarnya ada kontroversi terkait apakah fasilitas-fasilitas khusus perempuan tersebut justru merendahkan wanita alih-alih mengistimewakannya. Beberapa orang juga berpendapat bahwa kebijakan ini terkesan diskriminatif bagi kaum laki-laki. Bagaimana menurutmu, Berrykitcheners?

 

Kata Kunci: 5 Fasilitas Khusus Perempuan
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup