facebook

5 Eating Disorders

Kamis, 25 January 2018 - 18:39:40 WIB
Diposting oleh : Berry
5 Eating Disorders

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > 5 Eating Disorders

Hai Berrykitcheners! Sebagai pecinta kuliner atau setidaknnya mengonsumsi makanan sehari-hari, kamu wajib tahu ada kelainan-kelainan yang berhubungan dengan makanan atau yang disebut dengan istilah eating disorder. Eating disorder dapat berakibat fatal hingga kematian. Indonesia sendiri merupakan negara keempat dengan penderita eating disorder terbanyak di dunia. Sayangnya, eating disorder masih belum dikenal luas di masyarakat Indonesia. Apa saja jenis-jenis eating disorder yang wajib kamu ketahui? Berikut ulasannya.

 

1. Pica

qsdq

 

Gangguan dimana seseorang senang menjilat atau mengunyah sesuatu yang bukan makanan, seperti kapur tulis, lem, dan kertas. Pica tidak terbatas hanya mengunyah sesuatu yang bukan makanan, melainkan juga mengunyah makanan yang tidak mengandung nutrisi seperti biji kopi, es batu, atau bahkan baking soda secara kompulsif tanpa menelannya. Kamu kah salah satunya?

 

2. Bulimia

dsd

 

Penderita bulimia makan normal dengan rutin seperti orang biasa pada umumnya. Atau di sisi lain, penderita ini bisa saja makan secara berlebihan. Setelah makan, penderita bulimia akan merasa bersalah dan memaksakan diri untuk memuntahkan kembali makanan tersebut, minum obat pencahar, atau melakukan pekerjaan fisik yang berlebihan agar makanan tersebut cepat keluar dari tubuh sehingga tidak menambah berat badan.

 

3. Anoreksia

sqwd

 

Tren kecantikan masa kini menuntut seseorang untuk menjaga berat badannya, sehingga sejumlah orang pun jadi memilki rasa takut berlebihan jika berat badannya naik. Rasa takut berlebihan ini kemudian akan berimbas pada pola makan, menciptakan suatu kondisi dimana mereka akan menolak mengonsumsi makanan yang justru menutrisi tubuh mereka. Semakin lama, penderita anoreksia biasanya akan semakin sedikit mengonsumsi makanan hingga tahap yang ekstrim.

 

4. Binge

de

 

Kebalikan dari anoreksia, binge merupakan kondisi dimana seseorang memiliki makan secara berlebihan. Mereka biasa mengonsumsi jumlah gula atau garam dan lemak yang lebih dari batas normal hingga menyebabkan obesitas. Binge eating ditandai dengan tidak bisa menghentikan diri ketika makan, makan cepat dalam porsi yang besar, tetap makan meski sudah merasa kenyang, menganggap makanan sebagai solusi dari rasa stress, sedih, dan tertekan, dan sejenisnya.

 

5. EDNOS (Eating Disorder No Otherwise Specified)

dew2

 

Selain 4 eating disorder di atas, ada gangguan-gangguan makan lain yang tidak terklarifikasi pada 4 eating disorder di atas. Gangguan ini lah yang diklasifikasi sebagai EDNOS. Contoh dari gangguan ini ialah seorang penderita anoreksia yang juga memiliki gangguan bulimia, atau seseorang yang memiliki kombinasi dari sejumlah eating disorder.

Eating disorder sendiri biasanya merupakan kondisi yang disebabkan oleh gangguan mental berbahaya yang bisa berujung pada kematian. Gangguan ini bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak, orang dewasa, pria, maupun wanita. Penderita eating disorder pun membutuhkan treatment khusus dan dukungan dari orang-orang di sekitar mereka. Sampai bertemu di postingan selanjutnya ya!

Kata Kunci: 5 Eating Disorders
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup