facebook

4 Tradisi Unik Rayakan Kemerdekaan

Jumat, 18 August 2017 - 09:55:36 WIB
Diposting oleh : Berry
4 Tradisi Unik Rayakan Kemerdekaan

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > 4 Tradisi Unik Rayakan Kemerdekaan

Hai Berrykitcheners! 72 Tahun merdeka, Indonesia tidak pernah melewatkan satu pun peringatan hari kemerdekaannya. Nggak hanya di Ibu Kota, denyut kemeriahan perayaan 17 Agustus juga terasa di berbagai daerah di Indonesia. Bagaimana 17 Agustus dirayakan di berbagai daerah di tanah air? Berikut ulasannya.

 

1. Pacu Kude - Aceh

dwefw

 

Tidak hanya berpusat pada Ibu Kota, bahkan dari daerah yang paling ujung di Indonesia pun ikut merayakan 17 Agustus dengan meriah. Pacu kude sendiri merupakan lomba balap kuda yang diperuntukan bagi joki berusia 12 hingga 20 tahun. Lomba ini dilakukan tanpa menggunakan pelana lho, Berrykitcheners. Tidak perlu diragukan lagi, keseruan lomba ini bahkan mampu menarik ratusan penonton yang rela antre dan berdesak-desakan demi manyaksikan lomba khas kota Serambi Mekah ini.

 

2. Lomba Sampan Layar - Batam

xsaa

 

Kekayaan alam maupun letak geografis sebuah daerah akan memengaruhi budaya daerah tersebut. Nggak percaya? Batam contohnya. Berdiri diatas pulau Kalimantan, Batam memiliki caranya tersendiri dalam merayakan kemerdekaan Indonesia. Lomba sampan layar. Berpusat di salah satu kecamatan kota Batam, Belakang Padang, acara ini mampu menyedot ribuan penonton yang datang berbondong-bondong untuk memadati kawasan tepi laut dan pelabuhan. Whoa! Kebayang ya ramainya seperti apa.

 

3. Lomba Dayung- Banjarmasin

swqdq

 

Nggak hanya Batam, Banjarmasin pun memiliki tradisi unik yang nggak kalah seru dalam merayakan kemerdekaan tanah air. Semangat nasionalisme yang besar ditunjukkan oleh masyarakat yang berasal dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan. Lomba ini diikuti oleh ratusan peserta yag berasal dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan, yang biasa berpusat di Sungai Marta Pura. Dalam perlombaan ini, peserta harus menempuh jarak 500 meter dengan mendayung di dalam perahu yang diisi oleh 10 orang. Selain uang tunai, pemenang lomba ini juga akan memeroleh piala bergilir dari Gubernur Kalimantan Selatan.

 

4. Baritan- Malang

dqwd

 

Tidak seperti daerah lainnya, kemerdekaan Indonesia dirayakan dengan lebih hikmat dan tenang di Malang. Tradisi ini dimulai dengan sambutan dari berbagai pihak dan tokoh masyarakat, penyampaian pesan-pesan nilai dan moral perjuangan serta kemerdekaan, kemudian ditutup dengan baritan. Baritan sendiri merupakan tradisi makan bersama sambil duduk lesehan menghadap tumpeng yang berisi nasi, dan paduan berbagai lauk. Tidak sembarang makan, tradisi ini bermakna sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Tuhan. Baritan juga merupakan wujud dari nilai sosial, kebersamaan, kesederhanaan, serta tenggang rasa antar masyarakat.

 

Sejarah panjang perjuangan Indonesia telah mengantarkan kita pada kemerdekaan manis setelah ratusan tahun dijajah. Tidak hanya berlomba untuk berbagi keseruan, tradisi tersebut wajibnya dimaknai sebagai warisan budaya kebanggaan Indonesia yang harus dilestariakan. Salam merdeka, Berrykitcheners!

Kata Kunci: 4 Tradisi Unik Rayakan Kemerdekaan
Bagikan ke teman Kamu