facebook

4 Sambal Lezat ala Nusantara

Rabu, 16 August 2017 - 23:33:51 WIB
Diposting oleh : Berry
4 Sambal Lezat ala Nusantara

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > 4 Sambal Lezat ala Nusantara

Hai Berrykitcheners! Bicara tentang hari kemerdekaan tanah air, apa sih yang membuat cita rasa dan selera kuliner Indonesia berbeda dengan negara lainnya? Yap! Sambal. Sejak dulu, orang Indonesia terkenal sangat menyukai pedas. Bahkan mungkin beberapa dari kamu nggak bisa menyantap makanan bila tanpa sambal. Setuju nggak? Saking doyannya sama sambal, anak bangsa pun kemudian menciptakan aneka varian sambal yang lezat. Apa saja sambalnya ya? Simak yuk!

 

1. Sambal korek

dsada

 

Secara fisik, sambal ini mirip dengan sambal bawang. Perbedaannya terletak pada proses pembuatan dan bahan yang digunakan. Cabai yang digunakan dalam sambal ini cenderung lebih banyak dari sambal bawang. Bahan yang digunakan pun lebih sedikit yaitu, cabai rawit, garam, bawang merah, dan bawang putih. Nama unik sambal ini diperoleh dari proses pembuatannya. Sambal korek dibuat dengan cara diulek dan dikorek dari cobek.

 

2. Sambal matah 

dsd

 

Bagi kamu pecinta kuliner Bali, tentu akrab dengan sambal ini. Selain gurih asam, pedasnya sambal ini pun terasa menggigit di lidah. Penasaran gimana cara membuatnya? Berbeda dengan sambal korek, sambal ini tidak diulek lho. Sambal ini dibuat dengan mengiris cabai, bawang, daun jeruk, dan serai. Remas semua bahan dengan sari jeruk nipis, gula, garam dan terasi bakar. Kemudian, siram semua bahan dengan minyak panas untuk sentuhan terakhir. Yes! Sambal matah bakal memenuhi selera kamu si pecinta pedas.

 

3. Sambal terasi

dewdq

 

Siapa sih yang nggak kenal dengan sambal ini? Menggunakan terasi yang terbuat dari ikan atau udang rebon, sambal ini dibuat dengan paduan bumbu rempah seperti cabai merah, cabai rawit, kemirih sangrai, bawang putih, bawang merah, dan tomat merah. Seluruh bahan digoreng terlebih dulu, baru kemudian dihaluskan. Kebayang langsung ya rasanya yang manis gurih dan pedas. Rasa khas terasi pun menyeruak nikmat di lidah ketika kamu menyantapnya. Nggak heran sambal terasi jadi salah satu sambal favorit kamu.

 

4. Sambal mangga

dwadq

 

Mangga nggak cuma bisa dijadikan buah pencuci mulut, jus, atau hidangan manis lainnya lho. Kecintaan orang Indonesia pada sambal pun terbukti mampu menyulap buah yang satu ini menjadi sambal! Seperti namanya, sambal ini menggunakan mangga sebagai bahan utamanya. Mangga yang biasa digunakan merupakan mangga matang, lalu dipadukan bersama cabai, terasi, dan bawang. Rasa segar, manis, pedasnya akan membawa kamu pada sensasi baru menikmati sambal. Penasaran?

 

Terbentang dari Sabang sampai Merauke, Indonesia dikenal karena kaya akan budaya. Nggak cuma bahasa dan produk budaya saja yang berbeda, kuliner bahkan hal sedetil sambal pun bisa jadi berbeda di setiap daerah. Hanya berbekal cabai rawit dan bumbu rempah, anak bangsa bisa menciptakan aneka sambal lezat yang sangat beragam. Bangga ya!

Kata Kunci: 4 Sambal Lezat ala Nusantara
Bagikan ke teman Kamu