facebook

4 Negara Destinasi TKI

Selasa, 02 May 2017 - 13:45:01 WIB
Diposting oleh : Berry
4 Negara Destinasi TKI

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > 4 Negara Destinasi TKI

Hai Berrykitcheners! Dikenal sebagai pahlawan devisa, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) menyumbangkan triliunan dana pada negara setiap tahunnya. Tercatat per 2015, TKI menyumbang devisa negara sebesar Rp 144, 95 triliun. Jumlah yang fantastis bukan? Hal ini tentu berkaitan dengan remitansi yang mereka lakukan setiap tahunnya. Remitasi sendiri berarti transfer uang yang dilakukan pekerja asing ke penerima di negara asalnya. Hmm.. negara mana saja yang paling diminati TKI untuk mengadu nasibnya ya? Berikut ulasannya

 

1. Malaysia

cef

 

Kendati banyak isu tentang kekerasan yang terjadi pada TKI di negara ini, Malaysia masih menjadi target destinasi TKI nomor satu. Data BNP2TKI menyebutkan, sejak tahun 2012 sudah ada lebih dari setengah juta buruh migran yang melamar kerja ke negeri jiran tersebut. Tak heran jika remitansi yang berasal dari Malaysia termasuk yang paling tinggi. Sepanjang tahun 2015, TKI di Malaysia mengirimkan uang sebesar dua milliar Dollar AS kepada keluarganya di Indonesia.

 

2. Taiwan

sqwq

 

Berpikir bahasa mandarin akan menjadi halangan bagi TKI tanah air untuk mengadu nasib di Taiwan? Nyatanya, sebanyak lebih dari 320.000 buruh Indonesia diterima di Taiwan sejak 2012. Bahkan tenaga kerja asal Indonesia yang bekerja di Taiwan dikabarkan sempat menghasilkan dana remitansi terbesar ketiga di dunia, yakni 821juta Dollar AS!

 

3. Hongkong

wdqw

 

Dari sekian banyak target destinasi TKI, Hongkong menjadi salah satu negara tujuan tenaga kerja Indonesia yang makmur dan ramah terhadap TKI. Setiap weekend, tenaga kerja asal Indonesia akan mendapatkan hari liburnya. TKI pun kerap berpakaian sesuai tren negara tersebut, seperti mengenakan sepatu boots dan pakaian lainnya yang sedang tren di masanya. Sedikitnya 137ribu tenaga kerja asal Indonesia diterima bekerja di Hongkong sejak tahun 2012. Remitansi yang dihasilkan pun mencapai 673,6 juta Dollar AS.

 

4. Arab

dw

 

Sejumlah kasus yang menimpa TKI membuat pemerintah akhirnya melakukan moratorium pengiriman TKI ke Timur Tengah, terutama Arab Saudi sejak tahun 2011. Namun larangan tersebut hanya berlaku untuk sektor informal seperti pembantu rumah tangga. Sementara di sektor formal Indonesia masih mengirimkan sekitar 150ribu tenaga kerja ke Arab Saudi tahun 2012. Dana yang mereka bawa pulang ke tanah air pun menjadi remitansi yang paling tinggi yakni mencapai 2,5 miliar Dollar AS pada tahun 2015.

 

Dengan dana yang dihasilkan oleh tenaga kerja Indonesia dari berbagai penjuru dunia dalam waktu yang sama, tak heran bila mereka mendapat predikat pahlawan devisa. Namun perlindungan pemerintah acap kali dirasa melemah terhadap sejumlah kasus yang terjadi di negara tempat mereka mengadu nasib. Sebab itu, sudah waktunya pemerintah untuk lebih tegas dan memberdayakan sumber daya manusia di negerinya sendiri. Karena sebaik-baiknya negeri asing, lebih baik negeri sendiri bukan? Sampai bertemu di postingan selanjutnya, Berrykitcheners!

Kata Kunci: 4 Negara Destinasi TKI
Bagikan ke teman Kamu