facebook

4 Negara Asal Kuliner Favorit Asia

Kamis, 19 October 2017 - 12:55:49 WIB
Diposting oleh : Berry
4 Negara Asal Kuliner Favorit Asia

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > 4 Negara Asal Kuliner Favorit Asia

Hai Berrykitcheners! Bicara tentang makanan favorit, kuliner yang berhasil merebut hati kamu tentu nggak hanya berasal dari tanah air. Iya, beberapa kuliner asal negara tetangga alias kawasan Asia lainnya yang masuk ke Indonesia berhasil menjadi favorit penduduk tanah air. Negara mana saja yang kulinernya juga dicintai di Nusantara? Berikut daftarnya!

 

4. Jepang

dwdq

 

Jepang dikenal sebagai negara dengan kebudayaan yang sangat kuat. Tidak hanya menjaga tata kota dan budayanya, Jepang pun senantiasa melestarikan warisan kulinernya. Nggak heran beberapa kuliner khas negeri sakura ini meluas ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Masuk sejak dulu, kuliner Jepang mampu bertahan dan kian berkembang di Indonesia hingga saat ini. Kuliner Jepang didominasi dengan permainan rasa gurih, asin, pedas, maupun kari yang sederhana di lidah, sehingga mudah diterima oleh lidah Indonesia. Makanan Jepang pun biasa dihidangakan dengan higienis sesuai budaya kebersihan di Jepang. Mulai dari ramen, udon, sushi, teriyaki, yakiniku, hingga jajanan seperti okonomyaki, takoyaki, dan cheesetart pun populer di Indonesia. Bisnis kuliner Jepang pun menular bahkan hingga pendirian pusat perbelanjaan ala Jepang di beberapa titik di ibu kota dan sekitarnya.

 

3. Taiwan

deq

 

Tidak hanya Jepang, Taiwan pun berhasil menempatkan kulinernya di pasar Indonesia. Masyarakat Taiwan dikenal sangat menyukai teh, nggak heran produk kuliner Taiwan yang masuk ke tanah air tidak jauh dari minuman yang satu ini. Siapa yang nggak kenal dengan bubble tea? Menggunakan teh sebagai bahan utamanya, hingga kini sejumlah gerai merk bubble tea ala Taiwan masih ramai dikunjungi masyarakat ibu kota. Nggak hanya bubble tea, kamu tentu akrab dengan jajanan fillet ayam Taiwan krispi berbumbu. Yap, semua jajanan tersebut berasal dari negara yang satu ini.

 

2. Korea

sqsdq

 

Tidak seperti Jepang, kuliner Korea masuk ke Indonesia melalui invasi dunia hiburan. K-pop menjadi salah satu genre musik yang mulai hits sejak tahun 2007. Namun, Korea sudah mulai menginvasi selera hiburan tanah air jauh sebelum itu. Kamu tentu mengingat beberapa drama Korea yang sering ditayangkan waktu kamu kecil. Ditopang dengan drama Korea yang diputar di beberapa stasiun televisi, genre musik K-pop pun mulai menjamur. Setelah berhasil menginvasi dunia hiburan di tanah air, kini kuliner Korea mulai mendapat atensi di tanah air. Restoran dan dessert ala negeri ginseng mampu mendapat tempat di hati pecintanya. Sebut saja Korean Bbq yang dimasak dengan pemanggang yang dilengkapi oleh alat penyedot asap. Tak lupa, hidangan Korea juga senantiasa disajikan bersama kimchi sesuai kebuyaan Korea. Semua invasi ini dikenal dengan sebutan Korean wave.

 

1. Thailand

de

 

Yes! Di tahun 2017, kamu tentu nggak asing dengan hidangan-hidangan ala Thailand yang menjamur di Jakarta. Makanan Thailand dikenal memiliki keseimbangan rasa pedas, asam, asin, manis, dan pahit dalam satu sajian. Cita rasa ini diperoleh melalui penggabungan beberapa rasa kontras dalam hidangan. Thailand pun kerap mencampurkan saus ikan yang telah difermentasi ke dalam setiap masakannya. Selain kuliner Thailand, sejumlah minuman asal negeri gajah putih itu juga berhasil menuai popularitas di tanah air. Sebut saja Thai Tea dan Mango Ice yang selalu ramai antrean sejak gerainya dibuka di salah satu pusat perbelanjaan Jakarta.

 

Selain menghabiskan waktu di pusat perbelanjaan, weekend juga dapat dihabiskan dengan memburu kuliner-kuliner baru yang populer di ibu kota. Hal ini lantas menjadi peluang bagi pengusaha kuliner asal negara tetangga yang jeli membawa produknya ke pasar tanah air. Rumusnya, kuliner yang dibawa wajib terasa akrab dengan lidah Indonesia. Hmm.. Kita tunggu ya, Berrykitcheners, kuliner apa lagi yang akan masuk ke Indonesia dalam waktu dekat.

Kata Kunci: 4 Negara Asal Kuliner Favorit Asia
Bagikan ke teman Kamu