facebook

4 Gempa Terkuat Sepanjang Sejarah

Kamis, 02 August 2018 - 03:46:20 WIB
Diposting oleh : Berry
4 Gempa Terkuat Sepanjang Sejarah

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > 4 Gempa Terkuat Sepanjang Sejarah

Kenangan buruk akan gempa dan tsunami yang melanda Aceh dan sekitarnya lebih dari satu dekade lalu masih membekas di ingatan kita. Meski kelihatannya begitu dahsyat, ternyata ada dua peristiwa gempa lain yang memiliki kekuatan lebih besar.

 

Bicara tentang gempa bumi, kamu tentu familiar dengan istilah skala Richter (SR). Ini adalah salah satu jenis skala magnitudo seismik yang paling populer. Magnitudo ditentukan dari pengukuran gelombang seismik gempa yang terekam di seismogram.

 

Magnitudo berbeda dengan intensitas gempa, karena intensitas mengukur seberapa kencangnya getaran yang disebabkan gempa di lokasi tertentu, sedangkan magnitudo menilai kekuatan atau ukuran gempa bumi secara keseluruhan. Jadi, magnitudo gempa yang besar belum tentu mematikan.

 

Gempa dengan magnitudo lebih dari 8 bisa jadi memiliki intensitas mirip gempa dengan magnitudo lebih kecil, tapi frekuensinya lebih rendah dan terjadi dalam waktu yang lebih lama. Frekuensi yang lebih rendah ini mampu menggerakkan struktur besar sehingga bisa menyebabkan longsor dan bahkan tsunami.

 

Empat gempa berikut memiliki magnitudo terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah. Jika diperhatikan, lokasi kejadiannya di Asia, Amerika Utara, dan Amerika Selatan yang masuk dalam area Cincin Api Pasifik. Di kawasan inilah 90% gempa bumi yang ada di dunia terjadi.

 

1. 22 Mei 1960 di Chile

Magnitudo: 9,5

Korban jiwa: 1.000-6.000

Gempa yang terjadi pada pukul 15:11 waktu setempat ini berlokasi 160 km dari pesisir Chile, paralel dengan kota Valdivia. Gempa tersebut berlangsung selama sekitar 10 menit dan memicu tsunami setinggi 25 meter. Saking dahsyatnya, Hawaii, Jepang, dan Filipina yang letaknya jauh juga terdampak bencana ini.

 

2. 28 Maret 1964 di Prince William Sound, Alaska

Magnitudo: 9,2

Korban jiwa: 128-139

Gempa yang dikenal dengan sebutan Great Alaskan Earthquake atau Good Friday Earthquake ini terjadi pada pukul 5:36 waktu setempat. Gempa tersebut terjadi selama sekitar 4 menit dan 38 detik dan memicu tsunami setinggi 8,2 meter. Dampak Good Friday Earthquake juga terasa di British Columbia, Washington, Oregon, dan California.

 

Great Alaskan Earthquake tercatat sebagai gempa bumi terkuat di sepanjang sejarah Amerika Utara dan nomor dua di dunia.

 

3. 26 Desember 2004 di Indonesia

Magnitudo: 9,1

Korban jiwa: 230.000-280.000

Bencana dahsyat yang melanda Aceh, pesisir barat Sumatra bagian utara, serta 14 negara di Asia dan Afrika ini masuk ke nomor tiga gempa terkuat di dunia. Tsunami setinggi 30 meter yang terjadi setelahnya juga disebut-sebut memakan korban terbanyak sepanjang sejarah.

 

Dikenal juga dengan sebutan 2004 Indian Ocean Earthquake, gempa ini memecahkan rekor dengan menghasilkan sesar (retakan di kulit bumi) terpanjang dari gempa yang pernah ada, yakni 1.500 km. Ditambah durasi retakan terlama yakni 8,3-10 menit, seluruh bumi sampai bergetar setinggi 1 cm. Energi yang dilepas ke permukaan bumi saat itu 1.500 kali lipat bom atom Hiroshima.

 

4. 11 Maret 2011 di Jepang

Magnitudo: 9,0-9,1

Korban: 15.896 meninggal dunia, 6.157 terluka, dan 2.537 orang hilang

Gempa yang terjadi pada pukul 14:46 waktu setempat ini memiliki nama lain Great East Japan Earthquake, 2011 Tohoku Earthquake, dan 3.11 Earthquake. Inilah gempa terkuat yang pernah tercatat di Jepang, sampai-sampai guncangannya menggerakkan Honshu, pulau utama di Jepang, sejauh 2,4 meter ke arah timur.

 

Akibat gempa tersebut, terjadi tsunami dengan gelombang setinggi 40,5 meter, salah satu yang paling mematikan dalam sejarah. Gelombang tersebut bahkan menyapu daratan sampai radius 10 km sehingga menyebabkan kerusakan infrastruktur parah di timur laut negara dengan makanan khas agedashi tofu ini.

 

Tsunami ini juga menyebabkan kerusakan tingkat 7 di kompleks Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Fukushima Daiichi. Menurut Bank Dunia, kerugian ekonomi akibat gempa ini sekitar USD 235 miliar, sehingga 2011 Tohoku Earthquake disebut sebagai bencana alam paling merugikan sepanjang sejarah.

 

Dampak gempa-gempa tersebut sangat mengerikan, ya, Berrykitcheners? Semoga kita selalu terlindung dari bencana dan jangan lupa untuk selalu siaga.

 

Foto: Associated Press

 

Kata Kunci: 4 Gempa Terkuat Sepanjang Sejarah
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup