facebook

3 Versi Temuan Es Krim

Kamis, 07 December 2017 - 16:51:08 WIB
Diposting oleh : Berry
3 Versi Temuan Es Krim

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > 3 Versi Temuan Es Krim

Hai Berrykitcheners! Di tengah deru panas Jakarta, kamu pasti setuju dessert atau minuman dingin selalu jadi pilihan yang pas. Es krim salah satunya. Disajikan dengan aneka rasa, es krim memiliki tekstur lembut, terasa dingin dan lumer di lidah. Mmm.. yummy! Kuliner yang satu ini pun sukses memikat para pecintanya. Kamu termasuk salah satunya? Well, nggak ada salahnya kamu mengetahui asal-usul es krim yang ternyata jadi rebutan lho. Simak versinya masing-masing yuk!

 

1. Versi Romawi

dedq

 

Kalau ngomongin peradaban zaman dulu pasti nggak jauh dari China, Mesir, atau Romawi. Yap. Versi ini menyebutkan bahwa es krim konon berasal dari zaman kepemimpinan Kaisar Nero dari Romawi di tahun 64 Masehi. Catatan sejarah menunjukkan cerita mengenai salah satu hidangan pesta pada masa itu. Hidangan tersebut adalah es salju halus yang diambil dari pegunungan lalu dihidangkan bersama madu dan buah-buahan.

 

2. Versi China

dwqdq

 

Turut menyumbang penemuan sejumlah makanan lezat seperti nasi goreng dan bakso, China juga punya andil dalam penemuan es krim yang kita nikmati hingga saat ini. Bentuk es krim yang kini kita nikmati disinyalir berasal dari Kaisar Tang di zaman Dinasti Shang, China pada tahun 700 Masehi. Kala itu Kaisar Tang meminta es yang disajikan dari salju dicampur dengan susu sapi, tepung, dan sedikit kapur barus. Campuran tersebut kemudian diaduk hingga membentuk krim yang hingga kini kita nikmati sebagai es krim.

 

3. Versi Eropa

dsdq

 

Berbeda dengan China, Eropa memiliki versinya tersendiri. Menurut versi ini, es krim pertama kali dikenal oleh Marcopolo pada abad ke 16. Marcopolo berlayar dan pulang dengan membawa resep es krim. Saat itu, es krim terbuat dari es salju yang dicampur dengan lemak susu, buah-buahan serta aneka macam adonan hingga terasa lembut dan nikmat. Es krim yang merupakan makanan mewah kala itu pun hanya bisa dinikmati oleh kaum bangsawan.

 

Jika versi penemuan es krim masih jadi perdebatan, lantas bagaimana dengan penyimpanan es itu sendiri di zaman dulu sebelum penemuan kulkas? Sebelum kulkas ditemukan, orang zaman dulu mendapat es dari kolam dan danau yang membeku saat musim dingin. Es kemudian dipotong lalu disimpan dalam tumpukan jerami agar tidak mudah meleleh. Well, now you know. Sampai bertemu di postingan selanjutnya!

 

Kata Kunci: 3 Versi Temuan Es Krim
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup