facebook

3 Penyakit Musim Pancaroba

Senin, 27 March 2017 - 17:19:35 WIB
Diposting oleh : Berry
3 Penyakit Musim Pancaroba

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > 3 Penyakit Musim Pancaroba

Hai Berrykitcheners! Musim pancaroba dikenal sebagai musim peralihan dari satu musim ke musim lainnya. Musim ini biasa terjadi antara Maret – April yang merupakan peralihan dari musim hujan ke musim kemarau, dan Oktober – Desember, peralihan musim kemarau ke musim hujan. Pada masa ini, tubuhmu rentan terhadap serangan berbagai penyakit. Apa saja penyakit yang wajib kamu waspadai selama musim pancaroba? Simak yuk!

 

1. Flu

ewfw

 

Setuju nggak sih, penyakit flu sering banget menyerang tubuh kita di musim pancaroba? Penelitian yang dilakukan oleh Yale University menemukan bahwa penurunan suhu alias suhu yang dingin dapat membuat virus penyebab flu berkembang biak lebih cepat. Udara dingin pun memicu perubahan pada sistem imun. Pasalnya, molekul yang berfungsi untuk mendeteksi virus menjadi kurang sensitif dalam suhu yang dingin. Jika flu terjadi saat perubahan cuaca dari dingin ke hangat, maka hal ini dapat disebabkan oleh perubahan perilaku. Marc I. Lavey, salah satu dokter dari Mercy Medical Center Lutherville Personal Physician menjelaskan, ketika cuaca dingin berganti dengan cuaca yang lebih hangat, orang-orang cenderung berkumpul bersama. Ketika berkumpul bersama banyak orang, maka penularan penyakit jadi lebih mudah terjadi.

 

2. Pusing

dwqdq

 

Tekanan udara yang mengalami penurunan, kelembapan udara yang naik secara signifikan serta turunnya suhu udara yang dapat terjadi secara tiba-tiba di musim pancaroba dapat memicu sakit kepala, terutama migrain. Nggak cuma itu, cuaca dingin yang ekstrem atau sinar matahari yang terlalu panas juga dapat memicu ketidakstabilan komponen kimiawi dalam otak sehingga memicu sakit kepala. Bahkan, cuaca yang terlalu dingin juga berpotensi membuat pembuluh darah menyempit hingga menghambat suplai darah menuju otak.

 

3. Asma

deq

 

Hmm.. kenapa ya asma jadi sering menyerangmu saat musim pancaroba? Salah satu penyebab asma adalah peradangan yang terjadi pada saluran udara. Ketika dingin, udara yang masuk dalam saluran udara juga ikut menjadi dingin. Saluran udara kamu pun akan bereaksi terhadap udara dingin yang masuk dan menyebabkan peradangan. Kondisi ini bisa jadi semakin parah jika kamu melakukan aktivitas berat atau berolah raga di ruang terbuka lho. Mengapa? Karena aktivitas yang berat akan menyebabkan pertukaran udara yang cepat, sehingga udara tidak dapat dihangatkan lebih dulu. Resiko inflamasi yang disebabkan oleh udara dingin pun akan meningkat.

 

Sudah tahu kan kenapa penyakit-penyakit di atas kerap menggangu kita di musim pancaroba seperti sekarang? Untuk itu, kamu perlu beristirahat yang cukup dan menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuhmu dengan mengonsumsi banyak sayur dan buah-buahan yang kaya vitamin. Stay healthy and fabulous, Berrykitcheners!

Kata Kunci: 3 Penyakit Musim Pancaroba
Bagikan ke teman Kamu