facebook

11 Kebiasaan Makan Indonesia Banget

Kamis, 16 August 2018 - 03:03:53 WIB
Diposting oleh : Berry
11 Kebiasaan Makan Indonesia Banget

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > 11 Kebiasaan Makan Indonesia Banget

Setiap budaya dan negara memiliki kebiasaan makan yang berbeda-beda. Indonesiapun punya beberapa cara makan yang dipandang unik oleh orang asing. Begitu pula saat kamu berada di luar negeri, kamu mungkin akan kangen dengan kebiasaan makan khas Indonesia berikut ini:

 

1. Belum kenyang kalau belum makan nasi

makan nasi pakai mie

Nasi memang makanan pokok orang Indonesia. Uniknya, walaupun sudah banyak makan makanan lain, kita seperti tersugesti ‘belum kenyang kalau belum makan nasi’. Makanya, saat makan mie instanpun, kita menambahkan nasi di sebelahnya!

 

2. Pencinta sambal

sambal ulek pencit dan jeruk limo

Rasanya makanan hambar kalau belum diberi sambal, baik sambal tradisional maupun saus sambal. Karena itu, banyak makanan Indonesia punya sambal berbeda yang jadi pasangannya, misalnya sambal khusus soto dan sambal terasi untuk ayam goreng.

 

Saus sambalpun kita tambahkan ke makanan-makanan asing seperti burger atau pizza. Padahal, di negara asalnya tentu tidak ada sambal. Saus sambalpun tak lupa kita bawa saat pelesir ke luar negeri agar makanan asing terasa enak di lidah.

 

3. Kurang afdol tanpa kerupuk

kerupuk kampung

Selain sambal, pelengkap satu ini juga khas Indonesia banget. Terasa ada yang kurang kalau makan tanpa kriuk-kriuk kerupuk, walaupun sebenarnya si ringan yang renyah ini hanya menambahkan karbohidrat dan lemak pada hidangan yang sudah kurang sehat. Jenisnya banyak sekali, mulai dari kerupuk bawang, kerupuk udang, kerupuk kampung, gendar, rambak, sampai rempeyek.

 

Ada yang suka makan kerupuk sambil menyuap nasi dan lauknya, ada pula yang lebih suka menggadonya. Untuk makanan berkuah, ada yang senang mencelupkan kerupuk sampai lembek, ada pula yang lebih suka kerupuk tetap renyah. Kamu tim yang mana?

 

4. Hobi makan gorengan

gorengan

Menggoreng adalah satu teknik memasak yang paling banyak digunakan dalam masakan Indonesia. Makanya, gorengan dapat ditemui di mana-mana, baik sebagai lauk maupun camilan. Walaupun kurang sehat, gorengan banyak disukai karena praktis dan enak. Apalagi kalau dimakan hangat-hangat selagi renyah. Hmm…

 

5. Makan cabai rawit mentah-mentah

makan cabai

Mungkin orang asing melihat kebiasaan ini ekstrem, padahal kita merasa tak ada yang aneh dengan makan cabai rawit segar sembari mengunyah gorengan. Kalau tidak ada cabai, makan tahu isi, tempe goreng, atau bakwan rasanya hampa, deh.

 

6. Doyan jeroan

jeroan

Sebagian budaya di dunia menjadikan jeroan sebagai makanan hewan dan merasa jijik melihat manusia makan isi perut atau organ tubuh hewan. Namun, beberapa negara punya makanan khas berbahan jeroan.

 

Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki banyak hidangan berbahan jeroan, baik yang berasal dari sapi, ayam, kambing, maupun babi. Sebut saja soto babat, gulai otak, sate usus, paru goreng, dan sebagainya. Mungkin asal mulanya karena ingin memanfaatkan bagian tubuh hewan secara maksimal agar tidak ada yang terbuang mubazir. Padahal, jeroan sebenarnya kurang baik sering-sering disantap.

 

7. Makan pakai tangan

makan pakai tangan

Sebenarnya sendok dan garpu sudah disediakan, tapi… kok rasanya kurang sedap, ya, kalau tidak makan pakai tangan langsung? Terutama untuk makanan bertulang seperti ayam dan ikan. Kalau pakai tangan, setiap sentimeter daging biar terlucuti dengan baik dari tulang. Jadi, tidak ada yang terbuang percuma.

 

8. Lebih senang duduk lesehan

makan di lantai lesehan

Di restoran-restoran yang menyediakan area lesehan dan area kursi sekaligus, biasanya tempat lesehan lebih cepat penuh. Gaya makan tradisional ini mungkin disukai karena kita lebih bebas mengambil posisi saat makan dibanding harus duduk kaku di kursi.

 

9. Mengangkat satu kaki saat makan

makan sambil angkat kaki

Orang asing mungkin menganggap mengangkat satu lutut ke atas saat makan menentang etiket. Namun, kenyataannya, posisi makan ini sering dilakukan orang Indonesia dalam situasi informal, baik saat duduk lesehan maupun di bangku warteg.

 

10. Makan ramai-ramai

liwetan

Orang Indonesia cenderung gemar bersosialisasi. Karena itu, orang Indonesia sering mengadakan acara seperti syukuran dan perayaan lainnya yang salah satu acara wajibnya adalah makan bersama. Liwetan yang belakangan ini jadi tren juga menunjukkan bahwa makan beramai-ramai bisa mendekatkan kita.

 

11. Menyisakan makanan saat makan bersama

makanan sisa

Ini sering terjadi saat ‘makan di tengah’ alias menikmati hidangan berporsi besar bersama-sama. Mungkin karena sifat ‘enggak enakan’ orang Indonesia, biasanya saat makanan sudah hampir habis dan tersisa sedikit, semua orang sungkan jadi orang terakhir yang menandaskannya.

 

Sisa makanan tersebutpun ditawarkan ke mana-mana sampai ada yang bersedia menghabiskan, atau malah dibiarkan begitu saja sampai terbuang. Sayang, ya?

 

Semua hal tersebut sering kamu alami? Tandanya kamu punya kebiasaan makan yang Indonesia banget!

 

Foto: berascantikmanis.com

 

Kata Kunci: 11 Kebiasaan Makan yang Indonesia Banget
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup