facebook

10 Manfaat Bersyukur

Kamis, 22 November 2018 - 01:56:31 WIB
Diposting oleh : Berry
10 Manfaat Bersyukur

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > 10 Manfaat Bersyukur

Tak punya uang, ketenaran, fisik yang rupawan… Rasanya malang sekali hidup ini. Nah, daripada mengeluh tentang hal-hal yang tidak kamu punya, mengapa tidak mengubah mindsetmu menjadi fokus terhadap semua yang kamu miliki?

 

Orang-orang bermental kuat biasanya menghindari mengasihani diri sendiri dan lebih memilih bersyukur. Kamu dianugerahi tubuh yang berfungsi normal, masih bisa makan makanan bergizi… Kalau diteruskan, daftar berkah yang ada di hidupmu masih panjang, lo.

 

Banyak penelitian yang sudah mengungkap manfaat bersyukur. Hal simpel seperti mengingat atau mencatat kebaikan yang kamu rasakan hari ini bisa membuat fisik dan mentalmu kuat bahkan membuatmu mudah tidur nyenyak!

 

Ini dia manfaat-manfaat bersyukur menurut studi ilmiah:

 

1. Meningkatkan Kesehatan Fisik

Menurut studi pada tahun 2012 di jurnal Personality and Individual Differences, orang yang bersyukur merasa lebih sehat dibanding orang lain. Sebab, orang yang bersyukur lebih menjaga kesehatan dengan lebih sering berolahraga dan memeriksakan kesehatan ke dokter.

 

2. Membantu Tidur Nyenyak

Melalui Journal of Psychosomatic Research, peneliti menemukan bahwa bersyukur membantu kita tidur lebih nyenyak dan lebih lama. Menurut Emma Seppälä, penulis buku The Happiness Track, lebih banyak pikiran positif sebelum tidur dapat menenangkan sistem saraf.

 

Sebaiknya kamu membuat daftar syukur harian sebelum tidur. Cukup 15 menit, menurut studi di jurnal Applied Psychology: Health and Well-Being pada tahun 2011. “Hitung berkah yang kamu terima hari ini, bukan hitung domba (kebiasaan agar cepat tidur),” saran Seppälä.

 

3. Mengatasi Makan Terlalu Banyak

Senada dengan penelitian tentang hubungan antara rasa syukur dan sabar, Susan Peirce Thompson yang berspesialisasi di psikologi makan menemukan bahwa rasa syukur dapat meningkatkan kendali atas tindakan impulsif sehingga dapat menahanmu agar tidak tergesa-gesa.

 

Kalau kamu makan siomay terus-terusan, misalnya, coba berhenti sebentar dan catat daftar syukur hari ini. Hal ini bisa membantu menjernihkan pikiranmu.

 

4. Meningkatkan Kesehatan Mental

Selama bertahun-tahun, penelitian menunjukkan bahwa rasa syukur tidak hanya mengurangi stres, tapi juga memainkan peranan penting dalam mengatasi trauma.

 

Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Behavior Research and Therapy pada tahun 2006 menemukan bahwa para veteran Perang Vietnam dengan tingkat syukur yang lebih tinggi mengalami tingkat gangguan stres pascatrauma yang lebih rendah.

 

Selain itu, studi yang dimuat di Journal of Personality and Social Psychology pada 2003 menunjukkan bahwa rasa syukur berperan besar pada ketegaran terkait serangan teroris pada 11 September 2001.

 

5. Lebih Sabar

Peneliti dari Northeastern University meminta 105 mahasiswa memilih sejumlah kecil uang secara langsung atau uang yang lebih banyak nanti. Ternyata, mahasiswa yang lebih banyak bersyukur bisa sabar menunggu uang yang lebih banyak. Terbukti, orang yang bersyukur atas hal-hal kecil sehari-hari lebih sabar dan lebih baik dalam membuat keputusan dibanding mereka yang tidak bersyukur.

 

6. Meningkatkan Empati dan Mengurangi Agresi

Berdasarkan studi yang digelar University of Kentucky pada 2012, peserta studi yang lebih tinggi skala syukurnya cenderung tidak membalas kejahatan orang lain, bahkan jika mereka mendapat feedback negatif. Mereka lebih sensitif dan berempati terhadap orang lain serta kurang berminat membalas dendam.

 

7. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Studi yang dimuat di Journal of Applied Sport Psychology pada 2014 menemukan bahwa rasa syukur dapat meningkatkan kepercayaan diri atlet. Hal ini penting untuk performa yang optimal.

 

Di penelitian lain, rasa syukur terbukti mengurangi perbandingan sosial. Alih-alih iri terhadap orang-orang yang memiliki uang yang lebih banyak atau pekerjaan yang lebih baik, orang-orang yang bersyukur justru menghargai pencapaian orang lain.

 

8. Mengatasi Depresi

Eksperimen menunjukkan bahwa para peserta yang memikirkan tiga hal baik yang terjadi hari itu mengalami penurunan depresi dan peningkatan rasa bahagia, bahkan hanya dalam waktu beberapa minggu. Rasa syukur juga mengurangi berbagai emosi negatif seperti iri, benci, frustrasi, dan penyesalan.

 

9. Memberikan Kebahagiaan yang Tahan Lama

Memang ada banyak hal kecil yang bisa membawa kebahagiaan, misalnya pujian atau makanan manis. Tapi, hal yang instan juga akan hilang dengan cepat, sehingga kamu malah ingin lebih banyak. Berbeda dengan rasa syukur yang merupakan bentuk kebahagiaan yang jauh lebih awet. Sebab, menurut Seppälä, rasa syukur tidak berdasarkan kepuasan yang cepat, melainkan kerangka pikiran.

 

10. Memperbaiki Hubungan

Menurut studi di Journal of Theoretical Social Psychology, bersyukur atas pasanganmu dan sebaliknya bisa meningkatkan beberapa aspek hubungan, di antaranya rasa keterkaitan dan kepuasan menyeluruh sebagai pasangan.

 

Mengucapkan terima kasih kepada orang asing atau kenalan baru juga bisa membuatmu mendapat teman baru. Hal ini diungkap oleh studi di jurnal Emotion pada tahun 2014.

 

Masih banyak manfaat bersyukur yang belum tercantum di daftar di atas. Coba, deh, berterima kasih dan bersyukur secara rutin. Kamu akan merasakan hasilnya.

 

Foto: ThoughtCo.com

 

Kata Kunci: 10 Manfaat Bersyukur
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup